Senin 25 Jul 2022 20:06 WIB

Ciptakan Kolaborasi, Mahasiswa dan Dosen Politeknik LP3I Lakukan Pengabdian Masyarakat

Mahasiswa serta dosen bisa memberikan kontribusi atas permasalahan yang terjadi.

Ciptakan Kolaborasi, Mahasiswa dan Dosen Politeknik LP3I Lakukan Pengabdian Masyarakat
Foto: LP3I
Ciptakan Kolaborasi, Mahasiswa dan Dosen Politeknik LP3I Lakukan Pengabdian Masyarakat

REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG--Dalam rangka terbangunnya kolaborasi institusi dengan mitra pengabdian yang terdiri dari UMKM, Pemda, sekolah dan masyarakat/komunitas di masyarakat. Politeknik LP3I Kampus Utama Bandung Gelar Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Tahun 2022. Kegiatan dibuka pada 11 Juli 2022 dan diikuti oleh 123 Mahasiswa serta dibimbing oleh 53 dosen pembimbing lapangan.

Melalui kolaborasi ini mahasiswa melakukan KKN dan dosen melakukan pengabdian kepada masyarakat (PkM) bersama mitra merencanakan dan menyelenggarakan berbagai kegiatan yang bermanfaat untuk masyarakat umumnya dan kemitraan Politeknik LP3I dengan mitra pengabdian khususnya. “Pada KKNT tahun ini kita mengambil tema ‘Membangun Kolaborasi dalam Menghadapi Tantangan Global di Era Digital dan Adaptasi Kebiasaan Baru’. Berangkat dari isu dampak pandemi dan digitalisasi, kami ingin mahasiswa serta dosen bisa memberikan kontribusinya atas permasalahan yang terjadi di masyarakat,” ujar ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Politeknik LP3I, Heddy Setiawan, S.S., M.Si dalam siaran pers yang diterima Republika, Senin 25/7/2022.

Mahasiswa serta dosen sebagai pembimbing disebar ke beberapa wilayah yang ada di Jawa Barat. Antara lain  Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Garut, Sumedang, Subang serta Kabupaten Cianjur. Menurut Heddy, Manfaat kegiatan ini adalah mahasiswa dan dosen bisa mendapat pengalaman berharga dalam pengimplentasian dan penyebaran keilmuan di masyarakat, yang sebelumnya hanya dibahas secara teori di kampus. 

“Bagi mitra pengabdian, kegiatan ini bermanfaat karena adanya kontribusi unsur akademis dalam menganalisis dan menemukan solusi atas permasalahan yang dihadapi mitra pengabdian di masyarakat khususnya UMKM dalam mengembangkan usahanya,” jelas Heddy Setiawan. 

Mahasiswa Politeknik LP3I sangat antusias atas digelarnya kegiatan KKN Tematik. Mereka baik mahasiswa dan dosen, Heddy menambahkan memberikan respon yang baik karena mereka sangat berharap bisa kembali berinteraksi dengan masyarakat yaitu mitra-mitra pengabdian.

“Harapan saya, pastinya tercapainya tujuan KKN Tematik secara umum yaitu terbangunnya kolaborasi institusi dengan mitra pengabdian, sehingga ada outcome dan kesan yang baik dari mitra atas Politeknik LP3I, baik mahasiswanya maupun dosennya,” papar Heddy. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement