Selasa 26 Jul 2022 18:13 WIB

Liverpool Diyakini Tidak Berminat Melepas Firmino 

Liverpool kemungkinan besar akan mempertahankan Roberto Firmino.

Rep: reja irfa widodo/ Red: Muhammad Akbar
Roberto Firmino dari Liverpool menembak selama pertandingan sepak bola final Liga Champions antara Liverpool dan Real Madrid di Stade de France di Saint Denis dekat Paris, Sabtu, 28 Mei 2022.
Foto: AP/Petr David Josek
Roberto Firmino dari Liverpool menembak selama pertandingan sepak bola final Liga Champions antara Liverpool dan Real Madrid di Stade de France di Saint Denis dekat Paris, Sabtu, 28 Mei 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, LIVERPOOL -- Mantan penjaga gawang utama timnas Inggris, Paul Robinson, menilai, Liverpool kemungkinan besar akan mempertahankan Roberto Firmino. 

Setelah melepas Sadio Mane, The Reds dinilai tidak mau mengambil resiko kehilangan satu penyerang lagi pada bursa transfer awal musim ini. 

Juventus dikabarkan berminat untuk mendatangkan Firmino pada musim panas kali ini. Pelatih Juventus, Massimiliano Allegri, disebut-sebut masih membutuhkan tambahan opsi pemain di lini serang menyusul berakhirnya masa peminjaman Alvaro Morata, yang telah kembali ke Atletico Madrid. 

Firmino dinilai sebagai sosok yang ideal untuk menjadi tandem Dusan Vlahovic di lini serang I Bianconeri. Manajemen Si Nyonya Tua bahkan telah bermanuver dengan menawarkan nilai transfer sebesar 19.5 juta poundsterling untuk menebus Firmino. 

Namun, tawaran Juventus ini masih ditolak oleh The Reds. Tidak mau menyerah untuk bisa mendapatkan Firmino, I Bianconeri kabarnya bakal memperbaiki tawaran dengan meningkatkan besaran nilai transfer tersebut. 

Kendati begitu, The Reds dinilai akan tetap menolak setiap tawaran yang datang untuk menggaet Firmino pada jendela transfer musim panas kali ini. 

''100 persen (Liverpool akan berusaha mempertahankan Firmino), terlebih dengan kepergian Sadio Mane. Liverpool tentu tidak mau menciptakan gejolak dengan kepergian penyerang lain."

"Firmino adalah pemain berkualitas. Liverpool harus secara cermat dalam mengambil keputusan,'' ujar Robinson kepada Football Insider, Selasa (26/7). 

Salah satu kondisi yang bisa dimanfaatkan Juventus dalam memboyong Firmino adalah situasi kontraknya bersama Liverpool. Eks penyerang Hoffenheim itu tinggal menyisakan kontrak selama satu tahun bersama The Reds. 

Ketimbang kehilangan Firmino dengan status free transfer, Liverpool bisa melepasnya ke Juventus dengan besaran nilai transfer tertentu. Namun, Robinson menyebut, The Reds sepertinya akan menawarkan perpanjangan kontrak kepada Firmino pada musim ini. 

Di sisi lain, Firmino akan terbuka dengan kemungkinan menandatangani kontrak baru apabila mendapatkan kesempatan tampil secara reguler pada musim ini. 

''Masih ada peluang buat kedua belah pihak. Liverpool bisa mempertahankannya setelah musim ini berakhir. Namun, Firmino juga akan memiliki pertimbangan."

"Dalam tahapan kariernya saat ini, dia tentu ingin lebih banyak mendapatkan kesempatan merumput,'' kata mantan penjaga gawang Tottenham Hotspur tersebut. 

Selain kontrak yang tinggal tersisa satu tahun, Firmino akan mendapatkan persaingan ketat dalam memperebutkan satu tempat di tim inti Liverpool pada musim ini. 

Pasalnya, Liverpool telah mendatangkan penyerang asal Uruguay, Darwin Nunez. Belum lagi dengan persaingan yang telah dihadirkan Luis Diaz, Mohamed Salah, dan Diogo Jota. 

Kendati begitu, Firmino terbukti mampu tampil impresif pada laga pramusim. Tidak pernah absen di tiga laga pramusim The Reds, penggawa timnas Brasil itu sempat mencatatkan assist kala Liverpool mencukur RB Leipzig, 5-0, akhir pekan lalu. 

Setelah kerap terganggu cedera pada sepanjang musim lalu, Firmino sepertinya mulai kembali bugar dan berada di trek yang tepat untuk menemukan performa terbaiknya pada musim ini. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement