Selasa 26 Jul 2022 18:47 WIB

Milad ke-47 MUI, 62 Ormas Islam Dekralasikan Al Mitsaq Al-Ukhuwah

Ada 10 poin yang ditekankan, termasuk untuk menyambut tahun politik.

Rep: Muhyiddin/ Red: Agung Sasongko
MUI
MUI

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam rangkaian acara Milad ke-47, Majelis Ulama Indonesia (MUI) menggelar acara Ukhuwah Kebangsaan Organisasi Sosial Keagamaan se-Indonesia di Hotel Sultan Jakarta, Selasa (26/7/2022). Dalam acara ini, 62 ormas Islam mendeklarasikan Al Mitsaq Al Ukhuwuah (Kesepakatan Persaudaraan). 

Wakil Ketua Umum MUI, KH Marsudi Syuhud menjelaskan, kegiatan ukhuwah kebangsaan ini diikuti perwakilan dari puluhan ormas Islam untuk menyatukan pandangan terkait isu-isu keagamaan. 

Baca Juga

"Sekarang ini kumpul semua ormas-ormas sosial kegamaan, ini ada 62 organisasi yang datang pengurus-pengurus hariannya ke sini untuk menyapaikan pendangannya," ujar Kiai Marsudi saat ditemui di lokasi acara, Selasa (27/7).

Dalam sambutannya, Kiai Marsudi menekankan tentang pentingnya budaya kumpul-kumpul di Indonesia. Menurut Kiai Marsudi, budaya ini merupakan kunci untuk memperkuat persatuan dan kesatuan. 

Karena itu, Kiai Marsudi mengusulkan kepada Komisi Ukhuwah Islamiyah untuk mengadakan kumpul-kumpul seperti setidaknya tiga bulan sekali untuk memperkuat ukhuwah di kalangan ormas Islam.

"Budaya kumpal kumpul seperti ini mahal," ucap dia. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement