Selasa 26 Jul 2022 22:24 WIB

Kurang Brunei, 1.279 Atlet APG 2022 Telah Tiba di Solo

Kontingen pertama yang tiba adalah Myanmar dengan jumlah 108 orang.

Rep: c02/ Red: Israr Itah
Atlet dan kontingen Myanmar yaitu peserta ASEAN Para Games 2022 tiba di terminal kedatangan Bandara Adi Soemarmo, Boyolali, Jawa Tengah, Selasa (26/7/2022). Sejumlah atlet dan kontingen negara peserta mulai tiba di Solo menjelang berlangsungnya ASEAN Para Games pada 30 Juli hingga 6 Agustus 2022.
Foto: ANTARA/Mohammad Ayudha
Atlet dan kontingen Myanmar yaitu peserta ASEAN Para Games 2022 tiba di terminal kedatangan Bandara Adi Soemarmo, Boyolali, Jawa Tengah, Selasa (26/7/2022). Sejumlah atlet dan kontingen negara peserta mulai tiba di Solo menjelang berlangsungnya ASEAN Para Games pada 30 Juli hingga 6 Agustus 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, BOYOLALI --- Sebagian besar kontingen ASEAN Para Games (APG) 2022 sudah tiba di Kota Solo. Rombongan tersebut berasal dari sembilan negara yang tiba pada Selasa (26/7/2022). Satu negara lainnya, yakni Brunei Darussalam akan tiba besok di Bandara Adi Soemarmo, Boyolali, Jawa Tengah.

Kontingen pertama yang tiba adalah Myanmar dengan jumlah 108 orang tersebut, mendarat sekitar pukul 09.10 WIB menggunakan maskapai Myanmar Airlines. Setelah itu, Filipina menyusul pada pukul 12.15 WIB. Sebanyak 121 orang kontingen Filipina berangkat dari Manila menggunakan Philippine Airlines. Sedangkan Malaysia, datang menggunakan armada Malaysia Airlines pukul 13.00 WIB, berkekuatan 121 orang.

Baca Juga

Kontingen keempat adalah Thailand yang datang menggunakan Thai Airways pukul 13.50 WIB, dengan jumlah kontingen mencapai 476 orang. Sedangkan Vietnam datang dari Hanoi dengan 154 orang pukul 15.00 WIB menggunakan Vietnam Airlines.

Selanjutnya, Singapura datang dengan Singapore Airlines datang pada pukul 15.10 WIB, dengan kontingen 87 orang. Sedangkan Kontingen Kamboja dan Timor Leste juga datang pada Selasa (26/7/2022). Sementara Brunei Darussalam baru datang, Rabu (27/7). Dijadwalkan datang menggunakan Garuda Indonesia, dan datang pukul 13.50.

“Ada sembilan penerbangan, dari sembilan negara kontingen APG yang datang hari ini ke Adi Soemarmo. Jumlahnya ada sekitar 1.279 atlet yang datang ke bandara hari ini," kata Legal, Compliance and Stakeholder Relation Bandara Adi Soemarmo, Gerrie Razzaq dikutip melalui siaran pers.

Gerrie mengatakan setiap kontingen yang datang alurnya itu dibagi dua. Jadi ada yang khusus yang menggunakan kursi, dan penggunan non-kursi roda. 

"Setelah kedatangan atlet akan jalani di akreditasi room. Kemudian akan didata lagi oleh panitia pelaksana APG (INASPOC), baru atlet akan dipindahkan ke hotel masing yang disesuaikan sesuai cabor masing-masing,” jelasnya.

Selain itu, ia mengatakan terkait transportasi, dinas perhubungan sudah menyiapkan kendaraan yang akan menjemput. Kemudian akan membawa para rombongan menuju hotelnya masing-masing.

“Soal transportasi sudah disiapkan dinas perhubungan. Untuk jumlahnya ada 130 kendaraan, terdiri dari mobil Hiace dan mini bus. Kontingen per negara akan dipecah per cabor, dan dibawa ke penginapan yang sudah disesuaikan,” tuturnya.

Sedangkan terkait dengan pelaksanaan protokol kesehatan dan kelengkapan dokumen keimigrasian, manajemen bandara telah berkoordinasi dengan mitra kerja terkait. Demi kenyamanan atlet dan ofisial yang akan melalui Bandara Adi Soemarmo, pihak bandara telah melakukan perbaikan terhadap fasilitas-fasilitas pendukung di terminal internasional.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement