Senin 01 Aug 2022 11:06 WIB

Pelosi Memulai Tur Asia

Ketua DPR AS, Nancy Pelosi memulai tur Asia

Rep: Dwina Agustin/ Red: Esthi Maharani
 Ketua DPR Nancy Pelosi memulai tur ke empat negara Asia
Foto: AP/Jacquelyn Martin
Ketua DPR Nancy Pelosi memulai tur ke empat negara Asia

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Ketua House of Representatives Nancy Pelosi memulai tur ke empat negara Asia pada Ahad (31/7/2022). Hanya saja perjalanan ini tidak menyinggung Taiwan di tengah spekulasi kuat bahwa dia mungkin mengunjungi pulau tersebut.

"Ketua Nancy Pelosi memimpin delegasi Kongres ke kawasan Indo-Pasifik, termasuk kunjungan ke Singapura, Malaysia, Korea Selatan, dan Jepang," kata kantor Pelosi dalam sebuah pernyataan.

Baca Juga

Menurut kantor Pelosi, kunjungan itu akan mencakup negara-negara yang sudah dijadwalkan. Hanya saja, informasi itu tidak merinci apakah sosok nomor tiga dalam garis suksesi presiden ini mungkin akan melakukan pemberhentian lain.

"Perjalanan itu akan fokus pada keamanan bersama, kemitraan ekonomi, dan pemerintahan demokratis di kawasan Indo-Pasifik," kata kantor Pelosi.

Pelosi diperkirakan tiba di Singapura untuk kunjungan dua hari pada Senin (1/8/2022). Kamar Dagang Amerika di Singapura dijadwalkan mengadakan resepsi dengannya pada Senin sore.

China memandang kunjungan pejabat AS ke Taiwan sebagai sinyal yang menggembirakan bagi kamp pro-kemerdekaan di pulau itu. Washington tidak memiliki hubungan diplomatik resmi dengan Taipei tetapi terikat oleh hukum untuk menyediakan pulau itu sarana untuk mempertahankan diri.

Kunjungan Pelosi akan menjadi pertunjukan dukungan AS yang dramatis untuk Taiwan. Partai Republik Newt Gingrich adalah ketua House terakhir yang mengunjungi Taiwan pada 1997.

Juru bicara angkatan udara China Shen Jinke dikutip oleh media pemerintah mengatakan pada Ahad, negara itu akan dengan tegas menjaga kedaulatan nasional dan integritas teritorial. Angkatan Udara China menegaskan memiliki banyak jenis jet tempur yang mampu mengitari Taiwan.

"Angkatan udara China memiliki kemauan yang kuat, kepercayaan penuh dan kemampuan yang cukup untuk mempertahankan kedaulatan nasional dan integritas teritorial," katanya.

Sebelum itu, Presiden Xi Jinping memperingatkan Presiden AS Joe Biden pada pekan lalu, bahwa AS harus mematuhi prinsip satu-China. "Mereka yang bermain api akan binasa karenanya," ujarnya.

Militer China pun mengadakan latihan menembak langsung di perairan provinsi Fujian, lebih dari 100 kilometer jauhnya dari Taiwan pada Sabtu (30/7). Sedangkan Administrasi Keselamatan Maritim mengatakan, penjaga pantai Cina akan mengadakan latihan di Laut China Selatan di lepas pantai provinsi Guangzhou pada Senin.

Tur Asia Pelosi datang pada saat yang sensitif secara politik bagi para pemimpin China dan AS. Xi diperkirakan akan mencari masa jabatan ketiga yang melanggar preseden di Kongres akhir tahun ini, sementara di AS posisi Partai Demokrat akan menghadapi perjuangan keras untuk mempertahankan kendali House pada pemilihan paruh waktu November.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement