Selasa 02 Aug 2022 01:07 WIB

Usai Sholat Membaca Alquran, ini Penjelasan Ulama

Membaca Alquran setelah sholat merupakan salah satu amalan yang dianjurkan.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
Ilustrasi Sholat. (Republika/ Prayogi )
Foto: Republika/Prayogi
Ilustrasi Sholat. (Republika/ Prayogi )

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Membaca Alquran setelah sholat merupakan salah satu amalan yang dianjurkan. Lantas, apa surat yang perlu dibaca setelah sholat Maghrib?

Para ulama menyampaikan, ada hadits Nabi SAW yang berisi tentang keutamaan Surat Al-Waqi'ah. Hadits tersebut menjelaskan bahwa dengan membaca Surat Al-Waqi'ah maka yang membacanya akan terlindungi dari kemiskinan. Hadits tersebut disepakati lemah oleh para ulama dan tidak shahih dari jalur apapun dari Nabi SAW.

Baca Juga

Meski begitu, para ulama membolehkan seorang Muslim untuk melakukan ibadah berdasarkan hadits yang lemah, tanpa meyakini kebolehan atau kewajiban membacanya.

Adapun hadits tersebut diriwayatkan dari Abdullah bin Mas'ud RA bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Siapa yang membaca surah Al-Waqiah setiap malam, maka ia tidak akan ditimpa kefakiran/kemelaratan selamanya." (HR Abu Ya'la dan Ibnu Asakir)

Hadits itu memang dhaif dan banyak ulama hadits yang menyatakan demikian. Namun, membaca Surat Al-Waqi'ah, termasuk setelah sholat Maghrib, tidaklah dilarang. Sebab itu termasuk perbuatan baik.

Dengan demikian, tidak masalah jika seorang Muslim melakukannya sebagai fadhail 'amal atau perbuatan baik. Ibnu Mas'ud pun dikatakan bahwa dia biasa memerintahkan putrinya untuk membaca Surat Al'Waqi'ah setiap malam.

Sumber: https://www.elbalad.news/5379419

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement