Ahad 07 Aug 2022 03:44 WIB

Dihancurkan Pemerintah, Masjid di Hyderabad India akan Dibangun Kembali

Penghancuran masjid memicu protes keras oleh umat Islam setempat.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Indira Rezkisari
Ilustrasi Masjid
Foto: Republika
Ilustrasi Masjid

REPUBLIKA.CO.ID, HYDERABAD – Sebuah masjid yang dihancurkan oleh pemerintah kota di Shamshabad di pinggiran Hyderabad, India, beberapa hari lalu akan dibangun kembali. Masjid akan dibangun kembali di lokasi yang sama menurut legislator All India Majlis-e-Ittehadul Muslimeen (AIMIM).

Kausar Mohiuddin, seorang anggota Majelis Telangana, bersama dengan para pemimpin lokal lainnya dari AIMIM, beserta penduduk setempat melaksanakan sholat Jumat di tempat Masjid e-Khaja Mahmood berada. Usai sholat, dia mengatakan masjid akan dibangun kembali di tempat itu.

Baca Juga

Dia mengklaim, atas perwakilan Presiden AIMIM dan anggota parlemen Hyderabad Asaduddin Owaisi, pemerintah negara bagian telah mengizinkan rekonstruksi masjid. Dilansir dari Muslim Mirror, Sabtu (6/8/2022), polisi telah membuat pengaturan keamanan yang ketat di daerah itu untuk mencegah insiden yang tidak diinginkan. Hanya 50 orang yang diizinkan untuk sholat Jumat.

Penghancuran masjid tersebut memicu protes keras oleh umat Islam setempat. Para pimpinan AIMIM telah melakukan aksi protes di kantor daerah setempat dan di kantor Kolektor Kabupaten Rangareddy.

Panitia pengelola masjid bersama pimpinan AIMIM juga telah menyerahkan semua dokumen terkait persetujuan pembangunan masjid kepada pejabat kota. Mereka juga menuntut tindakan tegas terhadap pejabat yang bertanggung jawab atas pembongkaran tersebut.

Masjid ini dibangun tiga tahun lalu dan penduduk setempat menggunakannya untuk sholat lima waktu setiap hari, termasuk sholat Jumat. Pemerintah kota menghancurkan masjid dengan mengerahkan buldoser di hadapan polisi pada dini hari Selasa (2/8/2022). Tindakan itu dilakukan atas pengaduan warga setempat yang menuduh bahwa rumah ibadah itu dibangun tanpa izin.

Para pemimpin Muslim mengutuk pembongkaran tersebut dan mendesak pemerintah Telangana Rashtra Samithi (TRS) untuk mengambil tindakan segera terhadap mereka yang bertanggung jawab. Pemimpin MBT Khan mengatakan pemerintah TRS yang dipimpin oleh K Chandreskhar Rao telah mengikuti jejak pemerintah Yogi Adityanath di Uttar Pradesh. Dia menuduh sejak partai TRS berkuasa pada 2014, enam masjid di Telangana telah dibongkar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement