Rabu 10 Aug 2022 13:06 WIB

Kemenag Gelar Tes IVA dan Sadanis Gratis

Tes IVA dan Sadanis digelar serentak pada 10 Agustus 2022 di 34 Kanwil Kemenag

Rep: Fuji E Permana/ Red: Gita Amanda
Petugas kesehatan (kiri) memberikan sosialisasi dan deteksi dini bahaya kanker serviks (kanker leher rahim) melalui metode Inspeksi Visual Asam Asetat ( IVA ), (ilustrasi).
Foto: ANTARA/Ampelsa
Petugas kesehatan (kiri) memberikan sosialisasi dan deteksi dini bahaya kanker serviks (kanker leher rahim) melalui metode Inspeksi Visual Asam Asetat ( IVA ), (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Agama (Kemenag) menggelar Tes Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) dan Sadanis. Penasihat DWP Kemenag, Eny Retno Yaqut, mengatakan acara ini digelar sebagai salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Indonesia.

"Alhamdulillah antusiasme masyarakat sangat besar untuk mengikuti acara yang diinisiasi DWP Kemenag pusat. Sampai hari ini, tercatat ada 16.335 peserta yang sudah mendaftar," kata Eny melalui pesan tertulis yang diterima Republika, Rabu (10/8/2022).

Baca Juga

Eny mengatakan, tes IVA dan Sadanis digelar serentak pada 10 Agustus 2022 di 34 Kanwil Kemenag provinsi, sejumlah Kankemenag kabupaten/ kota, dan Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN). Tes IVA merupakan cara sederhana untuk mendeteksi kanker leher rahim sedini mungkin. Sedang Sadanis atau periksa payudara klinis adalah pemeriksaan pada payudara oleh tenaga kesehatan (nakes) terlatih.

Menurut Eny, dalam pelaksanaan tes IVA dan Sadanis, pihaknya telah menjalin kerja sama dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) serta dinas atau suku dinas kesehatan di berbagai provinsi dan kabupaten/ kota. Pelaksanaannya dilakukan di Kanwil Kemenag Provinsi, Kantor Kemenag kabupaten/ kota, kampus PTKN, atau di Puskesmas setempat.

 

Eny mengatakan, di Jakarta program ini dipusatkan di Auditorium HM Rasjidi, Gedung Kemenag. Selain itu, Kanwil Kemenag DKI Jakarta juga menyelenggarakan secara tersendiri di kantornya.

“Untuk di Kantor Kemenag pusat, tercatat ada sekitar 432 peserta, terdiri dari 265 peserta dari 11 unit Eselon I Kemenag dan 167 peserta dari masyarakat umum yang mendaftar," jelas Eny.

Ia menambahkan, ada 40 tim medis yang bertugas di auditorium HM Rasjidi dari enam Puskesmas, yaitu Menteng, Kemayoran, Johar Baru, Gambir, Tanah Abang, Sawah Besar. Semua sudah menjalin kerja sama dengan Dinas Kesehatan DKI Jakarta dan Jakarta Pusat.

Giat Tes IVA dan Sadanis dibuka oleh Penasihat DWP Kemenag, Eny Retno Yaqut. Seremonial pembukaan berlangsung pada 10 Agustus 2022, pukul 08.00 WIB. Dalam pembukaan itu, ikut bergabung juga secara daring DWP Kemenag Kanwil dan PTKN penyelenggara tes IVA dan Sadanis di daerah masing-masing.

"Karena masih pandemi, proses tes IVA dan Sadanis tetap menerapkan protokol kesehatan," jelas Eny.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement