Kamis 11 Aug 2022 12:45 WIB

Kemenparekraf Beri Stimulus Puluhan Juta untuk Subsektor Film dan Fotografi

Stimulus ini merupakan bentuk bantuan pemerintah untuk pengembangan ekonomi kreatif.

Kemenparekraf akan memberikan stimulus puluhan juta untuk subsektor dan fotografi. (ilustrasi)
Foto: Pixabay
Kemenparekraf akan memberikan stimulus puluhan juta untuk subsektor dan fotografi. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mengadakan program stimulus Lensa Kreatif 2022 untuk para pelaku ekonomi kreatif (ekraf) subsektor film serta fotografi di seluruh Indonesia. Pendaftaran untuk program ini dibuka pada 10-24 Agustus 2022.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan, kehadiran Program Lensa Kreatif 2022 ini sebagai bentuk bantuan pemerintah dalam mendorong serta mendukung pengembangan pelaku ekonomi kreatif di subsektor film dan fotografi. "Agar semakin aktif dan kreatif dalam memproduksi karya film dan fotografi yang berkaitan dengan kekayaan alam, budaya, tradisi, hingga produk lokal Indonesia," kata dia, lewat keterangan resminya di Jakarta, Kamis (11/8/2022).

Baca Juga

Penerima bantuan dari program tersebut ditargetkan sebanyak 478 pelaku ekraf yang terdiri dari 186 perseorangan/kelompok masyarakat perfilman dan 292 perseorangan/kelompok masyarakat fotografi, dengan nominal bantuan masing-masing Rp 50 juta serta Rp 20 juta per penerima bantuan. "Program ini dirancang untuk menyuarakan dan mempromosikan daya tarik destinasi wisata maupun produk ekonomi kreatif di Indonesia melalui karya film maupun fotografi yang unik dan menarik," kata Sandiaga.

Dengan demikian hal itu tak hanya memberikan dampak terhadap peningkatan karya film atau fotografi yang berkualitas, tetapi juga berefek terhadap peningkatan minat wisata untuk berkunjung ke Indonesia. "Dengan demikian, pemulihan ekonomi nasional dapat kita wujudkan," ujarnya.

Bagi pelaku ekraf yang turut berpartisipasi dalam program Lensa Kreatif 2022 dapat mengirimkan proposal film dan karya fotografi yang siap produksi atau dalam tahap penyelesaian produksi sesuai dengan tema yang diangkat yaitu "Destinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Lokal". Penerimaan proposal dapat diajukan melalui laman website resmi di www.lensakreatif.kemenparekraf.go.id.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement