Selasa 16 Aug 2022 16:06 WIB

Sawarna Beach Festival 2022 Digelar di Pesisir Pantai Ciantir

Octavia berharap acara ini dapat menjadi pengobat rindu para pecinta wisata bahari.

Bupati Lebak, Hj Iti Octavia Jayabaya, bersama Anggota Komisi X DPR RI Ali Zamroni S, menggelar pentas seni budaya bertajuk Sawarna Beach Festival 2022 di Pesisir Pantai Ciantir Kawasan Pantai Sawarna
Foto: dokpri
Bupati Lebak, Hj Iti Octavia Jayabaya, bersama Anggota Komisi X DPR RI Ali Zamroni S, menggelar pentas seni budaya bertajuk Sawarna Beach Festival 2022 di Pesisir Pantai Ciantir Kawasan Pantai Sawarna

REPUBLIKA.CO.ID, LEBAK -- Wisatawan kembali disuguhi event di Pantai Sawarna, Kabupaten Lebak, Banten. Sebab, Pemerintah Kabupaten Lebak bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Anggota Komisi X DPR RI Ali Zamroni S, menggelar pentas seni budaya bertajuk Sawarna Beach Festival 2022 di Pesisir Pantai Ciantir Kawasan Pantai Sawarna.

Acara yang bekerja sama dengan berbagai unsur pentahelix ini, menampilkan prosesi syukuran nelayan atau Hajat Laut yang merupakan prosesi ucapan syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan berkah keselamatan terhadap nelayan setempat. Tampil juga para penggiat seni budaya lokal Kabupaten Lebak yang unjuk kebolehan. 

Event pendukung lainnya adalah Festival Mancing Pesisir, Permainan atau perlombaan masyarakat lokal, hiburan musik tradisional, Tarian-tarian lokal, pameran ekonomi kreatif, bazzar jajanan lokal dan juga akan diwarnai dengan Band-bang Reggae.

Bupati Lebak, Hj Iti Octavia Jayabaya, berharap acara ini dapat menjadi pengobat rindu para pecinta wisata bahari di tanah air.

“Acara ini bisa menjadi langkah awal bagi roda perkonomian khususnya masyarakat desa dan industri kreatif untuk Kembali bangkit pasca mati suri sejak 2020. Harapan saya mari kita sambut dengan baik momentum di tahun 2022 ini,” ujarnya dalam siaran pers, Selasa (16/8/2022).

Dijelaskannya, event ini sebenernya merupakan acara tahunan yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten Lebak dengan bekerja sama dengan Pemerintah desa serta unsur lainnya. Namun kegiatan ini sempat berhenti tahun 2020 karena Pandemi Covid-19.

Karena tahun ini situasi pandemi covid mulai menurun dan banyaknya wisatawan yang datang ke Pantai Sawarna maka tahun ini adalah waktu yang tepat diselenggarakannya Kembali event yang sangat menarik ini. Acara ini dilaksanakan dari 14-16 Agustus 2022 yang diawali dari Festival Syukuran Nelayan.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, memberi apresiasi terhadap event ini.

"Saat pandemi melandai, saatnya pemerintah daerah kembali bergerak untuk menghidupkan pariwisata seperti yang dilakukan di Pantai Sawarna. Tentu saya berharap protokol kesehatan bisa diterapkan secara ketat agar kenyamanan dan kesehatan pengunjung tetap terjaga," katanya.

Sandiaga Uno juga berharap event ini memberi ruang yang besar untuk pelaku ekonomi kreatif.

"Manfaatkan event ini untuk mengangkat ekonomi kreatif, khususnya di masyarakat sekitar. Sehingga ekonomi masyarakat bisa terus menggeliat," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement