Kamis 18 Aug 2022 11:08 WIB

DLH Surabaya Diminta Tindak Warga yang Buang Sampah di Sungai

Perilaku membuang sampai ke sungai membuat upaya membersihkan sungai menjadi sia-sia.

Ilustrasi. Wakil Wali Kota Surabaya Armuji meminta Dinas Lingkungan Hidup (DLH) menindak warga yang kedapatan membuang sampah di sungai.
Foto: ANTARA/Didik Suhartono
Ilustrasi. Wakil Wali Kota Surabaya Armuji meminta Dinas Lingkungan Hidup (DLH) menindak warga yang kedapatan membuang sampah di sungai.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Wakil Wali Kota Surabaya Armuji meminta Dinas Lingkungan Hidup (DLH) menindak warga yang kedapatan membuang sampah di sungai. Sebab, perilaku membuang sampai ke sungai membuat upaya membersihkan sungai menjadi sia-sia.

"Setiap hari dibersihkan, tetapi kalau setiap hari dibuangi sampah ya percuma. Ayo lah sama-sama kita bergerak untuk menjaga kebersihan kota ini," katanya di Surabaya, Kamis (18/8/2022).

Baca Juga

Dia mengatakan bahwa pemerintah kota sudah menindaklanjuti keluhan warga perihal tumpukan sampah di Sungai Kali Kedinding Surabaya, yang sempat viral di media sosial. Wakil Wali Kota menyusuri aliran Sungai Kali Kedinding menggunakan perahu karet pada Rabu (17/8/2022) kemarin untuk mengecek laporan warga mengenai sampah di sungai tersebut.

Dia juga mengemukakan bahwa rendahnya kesadaran warga untuk menjaga kebersihan lingkungan dan daerah aliran sungai terlihat dari banyaknya sampah yang setiap hari diangkut oleh satuan tugas DLH. Menurut dia, petugas pemerintah kota sudah secara berkala berpatroli dan membersihkan sampah di daerah aliran sungai. 

Namun, sampah terus muncul karena warga masih membuang sampah di sungai. "Problemnya klasik dan sebenarnya akar permasalahannya ketemu yaitu kesadaran warga, kalau tidak gayung bersambut ya nanti kalau banjir banyak yang sakit siapa yang susah," katanya.

Dia mengimbau warga melaporkan orang yang kedapatan membuang sampah di sungai ke pemerintah kelurahan setempat. "Di foto nanti diserahkan ke kelurahan, kecamatan, untuk diteruskan ke saya. Kalau perlu diviralkan agar jera dan mengerti yang dilakukan itu tidak baik," kata dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement