Jumat 19 Aug 2022 05:30 WIB

Komunitas Muslim di Gander Kanada Dirikan Masjid Pertama

Diperkirakan komunitas Muslim setempat berjumlah sekitar 55 orang.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
ILUSTRASI SUNSET, MENARA MASJID, ILALANG, SILUET
Foto: Republika/Yogi Ardhi
ILUSTRASI SUNSET, MENARA MASJID, ILALANG, SILUET

IHRAM.CO.ID, GANDER -- Kota Gander di Newfoundland, Kanada, tengah bekerja dengan komunitas Muslim setempat untuk mendirikan masjid pertama di kota itu dan mempertahankan keberadaan dokter Muslim. Walikota Gander, Percy Farwell, dan direktur Central Newfoundland Islamic Community, Dr Mohamed Barasi, berharap masjid ini akan mendorong para dokter Muslim untuk tinggal di wilayah tersebut.

Farwell mengatakan, ada beberapa dokter Muslim yang terlatih secara internasional yang bekerja di Gander. Di masa lalu, kota itu mengalami kesulitan dalam meyakinkan Muslim untuk tetap tinggal di sana. Dia mengatakan, komunitas Muslim yang membutuhkan keahlian dokter memiliki peran penting dalam mempertahankan mereka.

Baca Juga

"Dokter adalah bagian dari keluarga, dan keluarga memiliki kebutuhan yang jauh melampaui kehidupan profesional dokter. Masyarakat lainnya harus menjadi bagian dari itu," kata dia seperti dilansir The Globe and Mail, Kamis (18/8/2022).

Seperti Newfoundland dan Labrador, Kota Gander membutuhkan lebih banyak dokter. Di provinsi berpenduduk sekitar 522.875 orang, hampir seperempatnya tidak memiliki dokter keluarga.

Perdana Menteri Andrew Furey menyatakan, sekolah kedokteran di Memorial University di St. John's akan membuka lima kursi residensi baru untuk lulusan kedokteran internasional yang ingin mempraktikkan kedokteran keluarga. Sekolah kedokteran lainnya, termasuk Dalhousie di Nova Scotia dan keenam sekolah di Ontario, sudah memiliki kursi residensi yang disediakan untuk dokter internasional.

Gander memiliki populasi sekitar 11.600 orang dan merupakan rumah bagi rumah sakit regional dan pusat kesehatan yang sibuk. Diperkirakan komunitas Muslim setempat berjumlah sekitar 55 orang, tetapi dia mengatakan angka itu mendekati 100 jika masyarakat sekitarnya diperhitungkan.

Barasi, seorang ahli bedah ortopedi, mengatakan komunitasnya telah bekerja dengan Kota Gander selama lebih dari setahun untuk mendirikan sebuah masjid. Setelah bekerja sama, mereka telah mengidentifikasi sebidang tanah yang cocok. "Kami memulai percakapan dari nol lebih dari setahun yang lalu. Untuk memiliki banyak, dalam setahun, itu hal yang besar," kata Barasi.

Dia mengatakan, kelompoknya sekarang terjebak dalam proses dokumen untuk menetapkan sebagai badan amal terdaftar sehingga dapat memulai penggalangan dana untuk membeli tanah. Proses yang rumit membutuhkan waktu dan sumber daya. Barasi berharap seseorang dapat membantu mereka. Keberadaan masjid lokal akan melayani kebutuhan kritis bagi umat Islam di Gander, serta orang-orang di komunitas terdekat.

"Jika Anda seorang dokter Muslim yang bekerja di Newfoundland, lulusan internasional, setelah dua atau tiga tahun, jika Anda dapat pergi ke Ontario, dengan mengatakan bahwa Anda mendapat uang yang sama, Anda akan pergi ke Ontario. Anda akan menemukan banyak masjid di sana, dan Anda dapat pergi ke masjid secara langsung daripada tinggal di rumah. Anda dapat mempraktikkan agama Anda secara langsung," kata Barasi.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement