Ahad 21 Aug 2022 06:42 WIB

Mahasiswa Baru UIN Ar-Raniry  Dibekali Orientasi Perpustakaan

Perpustakaan bukan sekedar tempat untuk meminjam dan membaca buku.

UIN  Ar-Raniry Banda Aceh melalui UPT Perpustakaan menggelar kegiatan orientasi perpustakaan untuk mahasiswa baru  semester ganjil tahun akademik 2022/2023, tanggal  18-20 Agustus 2022.
Foto: Dok UIN Ar-Raniry
UIN Ar-Raniry Banda Aceh melalui UPT Perpustakaan menggelar kegiatan orientasi perpustakaan untuk mahasiswa baru semester ganjil tahun akademik 2022/2023, tanggal 18-20 Agustus 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDA ACEH -- Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh melalui UPT Perpustakaan menggelar kegiatan orientasi perpustakaan untuk mahasiswa baru.

Kegiatan tersebut berlangsung selama tiga hari,  18-20 Agustus 2022 bertempat di gedung perpustakaan kampus tersebut yang diikuti oleh 3.800 mahasiswa baru semester ganjil tahun akademik 2022/2023.

Rektor UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Prof Dr Mujiburrahman MAg melalui Kepala UPT Perpustakaan, Suherman SAg SIP MEc mengatakan bahwa kegiatan Orientasi Perpustakaan (Library Orientation) merupakan pengenalan awal tentang perpustakaan secara umum kepada mahasiswa baru pada khususnya agar dapat lebih memahami peran perpustakaan yang lebih luas.

Menurut Suherman, perpustakaan bukan sekedar tempat untuk meminjam dan membaca buku. Namun keberadaan perpustakaan memiliki fungsi yang sangat penting dalam mendukung tri darma perguruan tinggi terutama sebagai sarana belajar mandiri, khususnya mahasiswa dalam penelusuran informasi serta memanfaatkan fasilitas perpustakaan.

"Tujuan utama pelaksanaan orientasi perpustakaan adalah sebagai sarana pengenalan dan promosi perpustakaan dalam mengoptimalkan pemanfaatan layanan perpustakaan,"  kata Suherman, Sabtu (20/8/2022) di sela-sela kegiatan orientasi berlangsung.

Sementara itu, ketua pelaksana Arfiandi SAg menjelaskan bahwa kegiatan orientasi perpustakaan merupakan kegiatan rutin setiap tahun bagi mahasiswa baru UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Kegiatan orientasi tersebut, kata Arfiandi fokus kepada gambaran umum tentang pengenalan perpustakaan meliputi layanan, fasilitas dan jenis-jenis koleksi yang terdapat di perpustakaan serta dibekali teknik penelusuran informasi, termasuk penerapan layanan mandiri di perpustakaan.

“Selain itu, pada saat pengenalan perpustakaan para narasumber dan instruktur juga mengajak para mahasiswa baru tur keliling ke beberapa ruang koleksi dan layanan,”  kata Arfiandi dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id, Sabtu (20/8/2022).

Lebih lanjut, Arfiandi menjelaskan bahwa dalam pelaksanaannya para peserta dibagi ke dalam enam  kelompok per sesi dan enam sesi per hari yang dipandu oleh seorang pustakawan dan seorang pendamping dari mahasiswa prodi Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement