Selasa 23 Aug 2022 19:45 WIB

Gaya Hidup Seperti Ini Picu Batu Ginjal

Teknologi extracorporeal shock wave lithotripsy (ESWL) dapat atasi batu ginjal.

Orang dengan rentang usia 30 sampai 50 tahun diperkirakan pernah mengidap batu ginjal. Teknologi extracorporeal shock wave lithotripsy (ESWL) dapat atasi masalah batu ginjal.
Foto: RS Sari Asih Ciputat
Orang dengan rentang usia 30 sampai 50 tahun diperkirakan pernah mengidap batu ginjal. Teknologi extracorporeal shock wave lithotripsy (ESWL) dapat atasi masalah batu ginjal.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Dokter spesialis urologi RS Sari Asih Ciputat, Tangerang Selatan, Bagus Baskoro, mengatakan ada beberapa faktor resiko yang dapat membuat batu ginjal bersarang di tubuh. Salah satu pemicunya ialah asupan cairan harian yang kurang serta pola diet tinggi natrium.

"Orang dengan rentang usia 30 sampai 50 tahun diperkirakan pernah mengidap batu ginjal," ujar dr Bagus, Selasa (23/8/2022).

Baca Juga

Penyakit dengan istilah medis nefrolitiasis itu terjadi akibat endapan materi padat dan keras menyerupai batu pada saluran kemih. Batu ini terbentuk dari hasil metabolisme garam dan mineral dalam darah sehingga dapat mengalami pengendapan pada ginjal jika produksinya berlebihan dibandingkan dengan yang dikeluarkan bersamaan dengan produksi urine.

Pengendapan yang terjadi dalam waktu lama menyebabkan terjadinya kristalisasi pada saluran kemih yang kemudian menjadi batu. Bagian kecil mungkin keluar melalui urine tanpa menyebabkan sakit.

"Tetapi endapan batu yang sudah terlalu besar akan sangat mengganggu karena bisa menimbulkan rasa nyeri kolik yang berat," jelas dr Bagus.

Faktor lainnya adalah riwayat dalam keluarga atau genetik, konsumsi obat-obatan tertentu seperti obat maag jenis antasida, dan obat penyakit glaukoma. Konsumsi multivitamin dan suplemen kalsium juga dapat menjadi pemicu.

"Gaya hidup sehat seperti pengaturan pola makan yang seimbang, konsumsi cairan harian yang cukup, serta olahraga secara rutin sangat diperlukan agar tidak terjadi endapan yang dapat menyebabkan terjadinya batu saluran kemih," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement