Kamis 25 Aug 2022 05:00 WIB

BNPT Ajak Guru Se-DKI Jakarta Untuk Bentengi Sekolah dari Paham Radikalisme

ia mengajak para guru untuk meningkatkan kapabilitas dalam penanaman Pancasila.

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) bekerja sama dengan Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Provinsi DKI Jakarta menggelar kegiatan bertema
Foto: Dok. Web
Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) bekerja sama dengan Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Provinsi DKI Jakarta menggelar kegiatan bertema

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) bekerja sama dengan Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Provinsi DKI Jakarta menggelar kegiatan bertema 'Merajut kebhinekaan dalam rangka menjaga persatuan dan kesatuan bangsa' di lingkungan Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, yang diselenggarakan di kantor Dinas Pendidikan DKI Jakarta.

Di tengah ribuan guru se-DKI Jakarta yang hadir baik secara luring dan daring, Kepala BNPT, Komjen Pol. Boy Rafli Amar mengajak mereka untuk membantu mencegah tumbuh kembangnya radikalisme di lingkungan sekolah. Caranya, melalui penguatan pemahaman ketahanan nasional, revitaslisasi nilai-nilai Pancasila, serta moderasi beragama. Hal ini diperlukan untuk menghadapi tantangan akan adanya ekspansi ideologi transnasional di tengah perkembangan teknologi. 

Baca Juga

“Kita harus mewaspadai akan adanya transnasional ideologi terutama adalah intoleransi dan radikalisme yang bertentangan dengan jati diri bangsa,” kata Boy Rafli dalam kegiatan yang digelar pada Selasa (23/8/2022) itu.

Menurut dia, guru adalah salah satu elemen penting dalam mencegah penyebaran ideologi radikal,  mereka (para guru) harus mengajarkan anak didiknya agar menjadi anak bangsa yang cinta tanah air dengan menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila dan kebhinekaan. 

 

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) DKI Jakarta, Nahdiana juga memberikan dukungan untuk BNPT dalam upaya pencegahan penyebaran radikalisme di lingkungan pendidikan. Untuk itu ia mengajak para guru untuk meningkatkan kapabilitas dalam penanaman nilai-nilai Pancasila dan rasa cinta tanah air terhadap anak didik.

“Saya berharap kembali dari sini kita dapat meningkatkan kapabilitas diri kita dalam menyertai kehidupan anak- anak kita," ungkap Nahdiana.

Melalui kegiatan ini Kepala BNPT juga memberikan paparan terkait perkembangan terorisme secara global dan regional, serta langkah-langkah pencegahannya. Diharapkan hal ini dapat menjadi gambaran Dinas Pendidikan DKI Jakarta, untuk menentukan langkah preventif dalam sinergi penanggulangan radikalisme terorisme di lingkungan pendidikan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement