Kunjungan Turis ke Situs Budaya Arab Saudi Meningkat

Kamis , 25 Aug 2022, 13:36 WIB Reporter :Andrian Saputra/ Redaktur : Muhammad Hafil
Jumlah ini meningkat 30 persen dari tahun sebelumnya. Foto:   Badr Al Janub adalah salah satu tempat wisata di Najran Arab Saudi
Jumlah ini meningkat 30 persen dari tahun sebelumnya. Foto: Badr Al Janub adalah salah satu tempat wisata di Najran Arab Saudi

IHRAM.CO.ID,RIYADH — Kunjungan turis domestik ke situs-situs budaya di Arab Saudi mengalami peningkatan. Seperti dilansir Al Arabiya pada Kamis (25/8/2022) Kementerian Kebudayaan Arab Saudi melaporkan bahwa turis domestik melakukan lebih dari 10 juta perjalanan ke situs budaya di Arab Saudi pada tahun 2021. Jumlah ini meningkat 30 persen dari tahun sebelumnya.

 

Terkait

Kementerian Kebudayaan Arab Saudi menyebut  pencabutan pembatasan pandemi berperan besar dalam lonjakan jumlah turis. Selain itu  peningkatan investasi di situs budaya juga menjadi faktor yang membuat jumlah turis bertambah.

Baca Juga

Kementerian Kebudayaan telah mempelopori ekspansi besar-besaran dalam persembahan budaya Kerajaan Arab Saudi yang telah melihat peningkatan di jumlah bioskop, teater, pameran seni, museum, perpustakaan, dan acara budaya.

Berbagai inisiatif telah mendukung industri ini sejak peluncuran Strategi Budaya Nasional Arab Saudi pada 2019.

Laporan mendalam menguraikan berbagai hibah dan dana dukungan, residensi seni dan sastra, kompetisi budaya, akselerator bisnis, dan program pendidikan yang ditawarkan.

Selain lonjakan partisipasi dalam kegiatan budaya yang diselenggarakan, terjadi peningkatan jumlah wisatawan domestik yang menikmati keindahan alam negara itu.

Tujuan populer termasuk cagar alam di provinsi Asir, Jizan, dan Madinah, sementara Mekah dan Tabuk dipilih untuk daerah pegunungan.

“Kerajaan sedang mengalami transformasi budaya yang belum pernah terjadi sebelumnya dan yang terus mengumpulkan kecepatan. Kami telah membangun lingkungan yang memungkinkan materi iklan berkembang, bangga dengan sejarah bersama mereka sambil bersemangat untuk merangkul masa depan mereka, ”kata Menteri Kebudayaan, Pangeran Badr bin Abdullah.

Kementerian Kebudayaan menyoroti jumlah museum yang menjanjikan di negara ini jika dibandingkan dengan negara-negara Arab lainnya. Sementara jumlahnya masih di bawah negara-negara lain seperti Inggris dan Jepang, yang membanggakan 47,9 dan 45,3 museum per satu juta orang, Arab Saudi 8,6 museum per juta masih mengungguli angka di Mesir, Uni Emirat Arab, dan Maroko, yang memiliki 0,9, 1,3, dan 1,2 museum per satu juta orang masing-masing.

Film juga terbukti sangat populer di Arab Saudi sejak larangan bioskop umum dicabut pada 2018. Pada tahun itu, 2 juta dolar AS dihabiskan untuk tiket bioskop. Laporan kementerian mengatakan bahwa 54,8 juta AS dihabiskan untuk penjualan tiket pada tahun 2021.

Secara keseluruhan, kementerian menghitung 304 museum 85 perpustakaan umum yang berafiliasi dengan kementerian 262 teater 75 galeri dan ruang pameran 54 bioskop dan 20 kedai kopi sastra di Arab Saudi.

 

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini