Jumat 26 Aug 2022 10:49 WIB

Enam Bulan Perang Rusia-Ukraina, Ternyata Banyak Produk Rusia Masih Mengalir ke Pasar AS

Lebih dari 3.600 pengiriman kayu, logam, karet, dan barang lain dari Rusia tiba di AS

Rep: Dedy Darmawan Nasution/ Red: Nidia Zuraya
Kapal Kargo pengangkut kontainer komiditi ekspor (ilustrasi)
Foto: sustainabilityninja.com
Kapal Kargo pengangkut kontainer komiditi ekspor (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BALTIMORE -- Sebuah kapal kontainer besar ditarik ke Pelabuhan Baltimore dan mengangkut lembaran kayu lapis, batang aluminium dan bahan radioaktif. Semua produk itu bersumber dari ladang, hutan, dan pabrik Rusia, seperti dilansir AP, Jumat (26/8/2022).

Padahal, Presiden AS Joe Biden berjanji untuk "menimbulkan rasa sakit" dan memberikan "pukulan telak" pada Vladimir Putin melalui pembatasan perdagangan komoditas seperti vodka, berlian, dan bensin setelah invasi Rusia ke Ukraina enam bulan lalu.

Baca Juga

Namun nyatanya, ratusan jenis barang yang bernilai miliaran dolar, termasuk yang ditemukan di kapal tujuan Baltimore dari St. Petersburg, Rusia, terus mengalir ke pelabuhan AS.

AP menemukan lebih dari 3.600 pengiriman kayu, logam, karet, dan barang-barang lainnya telah tiba di pelabuhan AS dari Rusia sejak mulai meluncurkan rudal dan serangan udara ke tetangganya pada Februari lalu.

Meski begitu, itu menjadi penurunan yang signifikan dari periode yang sama pada tahun 2021 ketika sekitar 6.000 pengiriman tiba dengan nilai hingga lebih dari 1 miliar dolar AS per bulan.

Pada kenyataannya, tidak ada yang terlibat untuk benar-benar mengharapkan perdagangan terhenti setelah invasi. Melarang impor barang-barang tertentu kemungkinan akan lebih merugikan sektor-sektor tersebut di AS daripada di Rusia.

“Ketika kita menjatuhkan sanksi, itu bisa mengganggu perdagangan global. Jadi tugas kami adalah memikirkan sanksi mana yang memberikan dampak paling besar sekaligus memungkinkan perdagangan global berjalan,” kata Duta Besar Jim O'Brien.

Para ahli mengatakan, ekonomi global sangat terkait sehingga sanksi harus dibatasi cakupannya untuk menghindari kenaikan harga di pasar yang sudah tidak stabil.

Selain itu, lapisan larangan Uni Eropa dan Inggris menghasilkan aturan perdagangan yang berbelit-belit yang dapat membingungkan pembeli, penjual, dan pembuat kebijakan.

Misalnya, pemerintahan Biden dan UE merilis daftar terpisah perusahaan Rusia yang tidak dapat menerima ekspor, tetapi setidaknya satu dari perusahaan tersebut—yang memasok logam kepada militer Rusia untuk membuat jet tempur yang saat ini menjatuhkan bom di Ukraina—masih menjual jutaan dolar logam untuk perusahaan Amerika dan Eropa, AP ditemukan.

Sementara beberapa importir AS mencari bahan alternatif di tempat lain karena mereka tidak punya pilihan.

Dalam kasus impor kayu, hutan birch Rusia yang lebat menghasilkan kayu yang sangat keras dan kuat sehingga sebagian besar furnitur kelas kayu Amerika dan banyak lantai rumah dibuat darinya.

Selain itu, kontainer pengiriman barang-barang Rusia seperti menir, sepatu angkat besi, peralatan penambangan kripto, bahkan bantal tiba di pelabuhan AS hampir setiap hari.

Rincian barang impor dari Rusia menunjukkan beberapa barang jelas legal dan bahkan didorong oleh pemerintahan Biden, seperti lebih dari 100 pengiriman pupuk yang telah tiba sejak invasi.

Produk-produk yang sekarang dilarang seperti minyak dan gas Rusia terus tiba di pelabuhan AS lama setelah pengumuman sanksi karena periode wind down, yang memungkinkan perusahaan untuk menyelesaikan kontrak yang ada.

 

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement