Sabtu 27 Aug 2022 06:28 WIB

KSP Dorong Ekosistem Halal di Indonesia

Ekosistem halal di Indonesia didukung KSP.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Muhammad Hafil
 KSP Dorong Ekosistem Halal di Indonesia. Foto:  Kawasan industri halal. Ilustrasi
Foto: MCIE
KSP Dorong Ekosistem Halal di Indonesia. Foto: Kawasan industri halal. Ilustrasi

IHRAM.CO.ID,JAKARTA – Deputi III Kepala Staf Kepresidenan Panutan Sulendrakusuma menekan pentingnya Indonesia mewujudkan ekosistem halal. Ini dilakukan untuk mewujudkan cita-cita Presiden Joko Widodo, yakni Indonesia menjadi pusat industri halal pada 2024.

Hal ini disampaikannya saat rapat koordinasi bersama Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH), Majelis Ulama Indonesia (MUI), dan perwakilan lembaga pendampingan halal, di Jakarta, Jumat (26/8/2022).

Baca Juga

“Kita tidak bisa lagi bekerja dengan cara normal, mengingat target-target yang dicanangkan dalam pemberdayaan industri halal, termasuk target sertifikasi halal, merupakan target yang cukup menantang dan bisa jadi tidak tercapai jika tidak disiapkan dari sekarang,” kata Panutan, dikutip dari siaran pers KSP.

Panutan menyampaikan, salah satu aspek yang perlu didorong untuk mewujudkan ekosistem halal, yakni percepatan proses sertifikasi halal untuk Usaha Mikro dan Kecil. Hal ini diamanatkan oleh UU Cipta Kerja dan PP 39/2021 tentang Penyelenggaraan Bidang Jaminan Produk Halal.

Ia menjelaskan, sertifikasi halal untuk usaha Mikro dan Kecil dilakukan dengan sistem Self-Declare (pernyataan halal) dan menggulirkan program Sehati (Sertifikat Halal Gratis). Panutan yang juga Penanggung Jawab Tim Monitoring dan Evaluasi UUCK di KSP menyebut, pada 2022, pemerintah mentargetkan setidaknya 25 ribu usaha Mikro dan Kecil mendapatkan sertifikat halal yang dilakukan melalui program Sehati.

“Target tersebut merupakan langkah awal untuk memenuhi target besar yaitu sertifikasi halal bagi 10 juta pelaku UMKM,” ujarnya.

Untuk memenuhi target 10 juta sertifikat halal bagi pelaku UMKM, lanjut Panutan, pemerintah telah menyiapkan sejumlah strategi. Di antaranya, meningkatkan kualitas dan kuantitas pendamping serta penyelia halal, peningkatan kehandalan siHalal yakni aplikasi BPJPH untuk proses registrasi dan sertifikasi halal, dan mendorong pelatihan halal ke dalam kurikulum perguruan tinggi Islam.

“Pemerintah juga akan melakukan edukasi yang sistematis dan masif kepada pelaku usaha tentang proses produk halal, termasuk dengan pendekatan-pendekatan yang lebih efektif seperti pendekatan kultural,” ujar dia.

Sebagai informasi, sesuai Keppres 10/2021 tentang Satuan Tugas Percepatan Sosialisasi UU Cipta Kerja, Kantor Staf Presiden melakukan monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan UU Cipta Kerja dan peraturan turunannya. Salah satunya tentang program sertifikasi halal.

Dalam pelaksanaannya, Kantor Staf Presiden berkoordinasi dengan pemangku kepentingan terkait. Seperti Sekretariat Wakil Presiden, Komite Nasional Ekonomi Keuangan Syariah, Kementerian Perindustrian, dan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH). 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement