Sabtu 27 Aug 2022 15:54 WIB

Vanguards Academy Nigeria Hasilkan Delapan Penghafal Alquran dan Tiga Penghafal Hadits

Vanguards Academy Nigeria meluluskan total 96 siswa.

Rep: mgrol135/ Red: Ani Nursalikah
Muslim Nigeria menjalankan ibadah shalat. Vanguards Academy Nigeria Hasilkan Delapan Penghafal Alquran dan Tiga Penghafal Hadits
Foto: Dailypost.ng
Muslim Nigeria menjalankan ibadah shalat. Vanguards Academy Nigeria Hasilkan Delapan Penghafal Alquran dan Tiga Penghafal Hadits

REPUBLIKA.CO.ID, IJEBU-ODE -- Sebuah sekolah swasta berbasis agama, Vanguards Academy di Ijebu-Ode, Negara Bagian Ogun, Nigeria, Sabtu (20/8/2022), meluluskan total 96 siswa yang telah menyelesaikan pendidikan menengahnya.

 

Baca Juga

Jumlah tersebut merupakan yang tertinggi dalam sejarah sekolah yang didirikan pada 28 September 2002 itu. Delapan siswa yang lulus menyelesaikan hafalan Alquran sementara tiga lainnya berkomitmen menghafal 40 hadis populer dalam koleksi Imam An-Nawawi.

 

 

Mereka adalah Yahya Muaz, Maryam Shuaib-Osunleke, Lukman Maryam Asake, Huseinah Ettu, Najiyyah AbdurRahman, Khadijah Oyesanmi, Fayruz Adams dan AbdurRahman Ismail, yang juga hafal 40 hadits An-Nawawi, bersama dua orang lainnya, Abdullahi Gabadeen dan Umar AbdulGaniy.

 

AbdurRahman Ismail, seorang mahasiswa sains, muncul dengan hasil paling menonjol dalam Sertifikat Sekolah Menengah Atas Afrika Barat (WASSCE) dan mendapat nilai 345 dalam ujian Joint Admissions and Matriculation Board (JAMB) 2022, mewakili yang terbaik kedua dalam sejarah sekolah.

 

Ismail menjadi pusat perhatian semua mata saat ia menaiki podium dan membacakan Alquran dengan suara merdu. Mengenakan pakaian tradisional Arab, remaja berusia 17 tahun itu menggambarkan perasaan kelulusan sebagai “menarik, mendebarkan, dan menakjubkan.”

 

“Allah sangat membantu saya dan alhamdulillah atas pencapaian ini. Itu membutuhkan banyak pengorbanan,” katanya.

 

Ketua dewan pengelola sekolah Zafaran Adeniyi menggambarkan wisuda 2022 sebagai faktor unik dan pemersatu bagi para siswa. “Ada solidaritas di antara mereka. Kedua, kita memiliki sekitar delapan hufadh dan tiga penghafal hadits. Seorang siswa dari kelompok ini juga memiliki hasil WAEC terbaik kedua dalam sejarah sekolah,” ucapnya.

 

Ia mengajak para wisudawan untuk menjadi duta sekolah yang baik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement