Senin 29 Aug 2022 14:27 WIB

48 Persen Gamer di Arab Saudi adalah Wanita

Konsumsi gim di Arab Saudi diproyeksikan mencapai 6,8 miliar dolar pada 2030.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Wanita Arab Saudi bermain gim. 48 Persen Gamer di Arab Saudi adalah Wanita
Foto: Saudi Gazette
Wanita Arab Saudi bermain gim. 48 Persen Gamer di Arab Saudi adalah Wanita

IHRAM.CO.ID, RIYADH -- Kementerian Komunikasi dan Informatika Arab Saudi merilis angka pemain gim (gamer) di Saudi. Menurut kementerian, angka terbaru yang dikeluarkan menunjukkan 48 persen gamer di Kerajaan adalah perempuan. 

Dengan 23,5 juta gamer di Arab Saudi – hampir 70 persen dari populasi Kerajaan – popularitas dan potensi sektor gim dan e-sports di Kerajaan sangat besar. Selain itu, penelitian yang dihasilkan musim panas ini dari konsultan Redseer menunjukkan 69 persen wanita online di Kerajaan adalah gamer – satu persen lebih banyak daripada rekan pria mereka. 

Baca Juga

Dengan konsumsi gim di Arab Saudi yang diproyeksikan mencapai 6,8 miliar dolar pada 2030, naik dari 959 juta dolar pada 2020 menurut laporan Boston Consulting Group, wanita akan memainkan peran besar dalam pemenuhan angka tersebut.

 

Pemilik dan CEO GCON Ghada Almoqbel, yang merupakan singkatan dari Girls Convention, konvensi pertama untuk wanita dalam gim dan e-sports di Kerajaan, telah menyaksikan secara langsung kebangkitan wanita Saudi di industri ini. Dibentuk pada 2012, konvensi GCON tahunan sekarang menarik sekitar 20 ribu peserta wanita. 

 

“GCON berkontribusi membangun ekosistem game dengan mengelola proyek di sektor hiburan, pengembangan gim dan e-sports. Fokus kami adalah menjadi katalis ekosistem dan pemimpin komunitas. Kami bertujuan membuat perubahan dalam industri melalui penelitian dan pemahaman kami tentang komunitas dan, lebih jauh lagi, kami fokus pada pemberdayaan dan dukungan wanita di industri gim dan e-sports,” kata Almoqbel

Pada Rabu pekan lalu, acara Devs Talk akan diadakan di Universitas Alfaisal di Riyadh sebagai bagian dari Gamers8, acara gim dan e-sports terbesar di seluruh dunia. Acara panel Devs Talk akan diadakan dengan judul Seni Dibalik Penulisan Musik dalam Video Game dan menampilkan David Wise, komposer musik dan musisi gim video Inggris. Wise mendapatkan pengikut karena karyanya pada game seperti seri Nintendo Donkey Kong Country dan Call of Duty: Black Ops 4.

“Kami senang dapat bekerja sama dengan Universitas Alfaisal di bawah Gamers8 untuk menyelenggarakan acara Devs Talk ini,” ujar Almoqbel dilansir dari Saudi Gazette, Selasa (23/8/2022).

 

Devs Talk adalah acara GCON reguler yang menyediakan platform pendidikan dan sosial untuk pengembang game melalui panel tentang berbagai subjek tentang pengembangan game. Ini juga berdiri sebagai pameran untuk memamerkan karya semua orang di kancah pengembangan gim, baik itu programmer, desainer, pengisi suara, artis, atau banyak lagi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement