Senin 29 Aug 2022 16:19 WIB

Seluruh 300 Jamaah dan Petugas Haji Kabupaten Semarang Telah Kembali

Barang bawaan jamaah juga tidak ada yang tertinggal di Arab Saudi.

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Yusuf Assidiq
Para jamaah haji asal Kabupaten Semarang.
Foto: Republika/Bowo Pribadi
Para jamaah haji asal Kabupaten Semarang.

REPUBLIKA.CO.ID, UNGARAN -- Seluruh jamah haji Kabupaten Semarang maupun petugas haji daerah yang berangkat pada ibadah haji tahun ini, dipastikan telah berada berada kembali di daerahnya dalam kondisi sehat walafiat dan lengkap. Total sebanyak 300 jamaah serta enam orang petugas haji telah kembali ke tengah keluarga masing-masing.

Mereka pun siap diterima kembali oleh bupati Semarang sekaligus dalam laporan penyelenggaraan haji Kabupaten Semarang 2022. Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemang) Kabupaten Semarang, H Nurudin menyampaikan, rencananya ke-300 jamaah haji beserta para petugas akan diterima kembali oleh bupati Semarang di Pendopo Rumah Dinas Bupati Semarang, di Ungaran, Selasa (30/8).

Secara umum, jelas Nurudin, seluruh jamaah haji asal Kabupaten Semarang telah pulang kembali dalam kondisi lengkap. Baik para jamaah haji yang tergabung dalam Kloter 36 dan Kloter 37 maupun jamaah haji tambahan yang diberagkatkan melalui kloter 44.

Rinciannya, Kloter 36 sebanyak 125 orang jamaah, Kloter 37 sebanyak 173 jamaah, dan dua jamaah haji tambahan kloter 44. Pun demikian para petugas haji yang terdiri atas satu orang TPHI, satu orang TPIHI, satu orang TKHI, satu orang paramedis, serta dua orang PHD.

Kloter 36 tiba di Bandara Adi Sumarmo Solo (SOC) pada 10 Agustus pukul 00.35 WIB, kemudian Kloter 37 juga pada 10 Agustus pukul 06.35 WIB. Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) juga telah melaksanakan penjemputan dua  jamaah haji tambahan yang tergabung pada JKG 029 Kloter 44 SOC pada 8 Agustus 2022 pukul 23.45 WIB, di Asrama Haji Donohudan Solo.

Alhamdulillah, baik petugas dan jamaah haji Kabupaten Semarang, telah kembali sesuai jadwal dalam kondisi lengkap sebagaimana jumlah ketika keberangkatan,” jelasnya, di Ungaran.

Demikian halnya dengan barang-barang bawaan para jamaah, seluruhnya juga lengkap tidak ada yang tertinggal di Arab Saudi. Setiap jamaah haji, juga telah mendapatkan air zam-zam masing-masing lima liter.

Tak lupa, ia juga mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Semarang, Polres Semarang, maupun pihak terkait lainnya yang telah mendukung kelancaran penyelenggaraan ibadah haji di Kabupaten Semarang.

Selaku kepala Kantor Kemenag Kabupaten Semarang, atas nama segenap PPIH Daerah Kabupaten Semarang, juga memohonkan maaf apabila dalam penyelenggaraan ibadah haji Kabupaten Semarang tahun 1443 H / 2022 H terdapat hal-hal yang masih dirasakan kurang.

Apapun yang masih menjadi kekurangan akan menjadi bahan evaluasi untuk penyelenggaraan ibadah haji tahun depan agar penyelenggaraan ibadah Haji akan menjadi lebih baik lagi di tahun-tahun mendatang.

“Kepada seluruh jamaah haji Kabupaten Semarang, kami juga berpesan agar senantiasa menjaga kemabruran hajinya, dengan menjadi pribadi yang lebih baik dan lebih bermanfaat kepada sesama,” tegas Nurudin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement