Rabu 31 Aug 2022 05:55 WIB

Tafsir Surat An Naml Ayat 4: Peringatan Alquran Jika Perbuatan Buruk Terasa Indah

Mengikuti hawa nafsu berarti mengikuti ajaran setan yang sesat.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Tafsir Surat An Naml Ayat 4: Peringatan Alquran Jika Perbuatan Buruk Terasa Indah
Foto: REUTERS
Tafsir Surat An Naml Ayat 4: Peringatan Alquran Jika Perbuatan Buruk Terasa Indah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Alquran menerangkan bahwa orang-orang yang tidak beriman kepada akhirat akan merasakan perbuatan buruk yang mereka kerjakan di dunia terasa indah. Sehingga mereka hanyut dan terombang-ambing dalam kesesatan. Hal ini dijelakan dalam Surah An-Naml Ayat 4 dan tafsirnya.

اِنَّ الَّذِيْنَ لَا يُؤْمِنُوْنَ بِالْاٰخِرَةِ زَيَّنَّا لَهُمْ اَعْمَالَهُمْ فَهُمْ يَعْمَهُوْنَ ۗ

Baca Juga

Sesungguhnya orang-orang yang tidak beriman kepada akhirat, Kami jadikan terasa indah bagi mereka perbuatan-perbuatannya (yang buruk). Maka, mereka terombang-ambing (dalam kesesatan). (QS An-Naml: 4).

Dalam penjelasan Tafsir Kementerian Agama, ayat ini menerangkan tingkah laku dan perbuatan orang-orang kafir, yang tidak mau beriman kepada adanya hari akhirat, dan akibat yang akan mereka rasakan.

Orang-orang yang tidak beriman kepada kehidupan akhirat adalah mereka yang tidak yakin akan adanya hari Kiamat, tidak yakin bahwa semua manusia akan kembali kepada Allah melalui kematian, tidak yakin akan dibangkitkan kembali pada hari penghisaban, serta tidak percaya akan adanya pahala sebagai balasan amal baik dan siksa sebagai balasan amal buruk.

Mereka hidup di dunia tanpa mengekang hawa nafsu, dan amat cinta kepada kenikmatan duniawi, seakan-akan hidup di dunia ini satu-satunya kehidupan bagi mereka. Mereka tidak mengenal halal dan haram, serta tidak memikirkan tanggung jawab di akhirat. Segala tingkah laku tersebut mereka anggap baik.

Padahal mengikuti hawa nafsu berarti mengikuti ajaran setan yang sesat lagi menyesatkan. Dengan demikian, mereka pun hidup dan bergelimang dalam kesesatan. Hal ini adalah balasan bagi mereka karena keingkarannya itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement