Kamis 01 Sep 2022 09:12 WIB

Pemakaman Mikhail Gorbachev Berlangsung Sabtu

Prosesi pemakaman Mikhail Gorbachev akan dibuka untuk umum

Rep: Dwina Agustin/ Red: Esthi Maharani
Prosesi pemakaman Mikhail Gorbachev akan diadakan di Hall of Columns yang terkenal di dalam House of Unions Moskow.
Foto: AP Photo/Boris Yurchenko, File
Prosesi pemakaman Mikhail Gorbachev akan diadakan di Hall of Columns yang terkenal di dalam House of Unions Moskow.

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Pemakaman pemimpin terakhir Uni Soviet Mikhail Gorbachev akan berlangsung pada Sabtu (3/9/2022). Dia meninggal dunia di Moskow dalam usia 91 tahun pada Selasa (30/8/2022).

Media Rusia menyatakan, prosesi pemakaman akan diadakan di Hall of Columns yang terkenal di dalam House of Unions Moskow. Tempat ini juga menyimpan tubuh Josef Stalin yang dipajang setelah kematiannya pada 1953.

Baca Juga

Kantor berita TASS mengutip Juru Bicara Yayasan Gorbachev Vladimir Polyakov mengatakan, prosesi pemakaman akan dibuka untuk umum dan Gorbachev kemudian akan dimakamkan di Pemakaman Novodevichy Moskow. Juru bicara Istana Kremlin Dmitry Peskov mengatakan, pemerintah akan segera memutuskan apakah Gorbachev akan diberi pemakaman kenegaraan atau tidak.

Kantor berita pemerintah Rusia RIA kemudian mengutip Kepala Hubungan Media di Yayasan Gorbachev Pavel Palazchenko mengatakan, upacara di Hall of Columns akan diselenggarakan oleh layanan protokol pemerintahan Vladimir Putin. "Belum ada informasi apakah ini dianggap pemakaman kenegaraan atau tidak," katanya.

Peskov mengatakan, Istana Kremlin akan mengumumkan nanti apakah Putin akan menghadiri pemakaman. Putin sehari usai kematian Gorbachev mengirim belasungkawa melalui telegram kepada kerabat. Kremlin memuji mendiang politisi itu sebagai negarawan global luar biasa yang membantu mengakhiri Perang Dingin, tetapi salah besar tentang prospek pemulihan hubungan dengan Barat yang haus darah.

Banyak politisi, intelektual, penyair, dan bangsawan tingkat tinggi telah dimakamkan di pemakaman Novodevichy sejak pemakaman tersebut didirikan pada abad ke-16. Beberapa di antaranya Presiden Pertama Rusia dan saingan politik Gorbachev Boris Yeltsin.

Ketika Yeltsin meninggal pada 2007, dia dimakamkan dengan penghormatan penuh kenegaraan. Putin yang menggantikannya pun mengumumkan hari berkabung nasional.

Tempat itu juga merupakan tempat peristirahatan istri Gorbachev, Raisa, yang meninggal pada 1999. Nikita Khrushchev adalah satu-satunya pemimpin Uni Soviet lainnya yang dimakamkan di sana, dengan sebagian besar lainnya dimakamkan di dekat tembok Kremlin di Lapangan Merah.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement