Kamis 01 Sep 2022 21:56 WIB

Pemkab Pati Ajak Masyarakat Ikuti Vaksinasi Covid-19 Dosis Penguat

Vaksinasi dosis kedua tercatat mencapai 796.811 sasaran atau 68,42 persen.

Pemkab Pati Ajak Masyarakat Ikuti Vaksinasi Covid-19 Dosis Penguat (ilustrasi).
Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Pemkab Pati Ajak Masyarakat Ikuti Vaksinasi Covid-19 Dosis Penguat (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,PATI -- Pemerintah Kabupaten Pati, Jawa Tengah, mengajak masyarakat mengikutivaksinasi COVID-19 dosis penguatguna meningkatkan imunitas tubuh dari dari paparan virus corona itu.

"Data vaksinasi yang saya terima, ternyata masih banyak masyarakat, terutama kaum muda yang belum vaksin dosis kedua. Untuk itu, kami minta masyarakat bersedia melakukan vaksinasi," kata Penjabat Bupati Pati Henggar Budi Anggorosaat memimpin rapat koordinasi penanganan dan pengendalian COVID-19 di Pati, Kamis (1/9/2022).

Baca Juga

Hadir pada acara tersebut, antara lain Sekretaris Daerah Kabupaten Pati Jumani, perwakilan Kodim Pati, Polres Pati serta sejumlah danramil, kapolsek, camat serta kepala puskesmas di daerah itu. Selain banyak yang belum melakukan vaksinasi dosis penguat, kata dia, para remaja juga banyak yang belum vaksin dosis kedua.

Menurut dia, perlu ada pengecekan terhadap warga guna memastikan terkait dengan vaksinasi.

"Jika belum, maka harus diberikan layanan vaksinasi," ujarnya.

Ia mengingatkan masyarakat untuk tetap waspada penularan COVID-19 dan menerapkan protokol kesehatan karena kasus aktif penularan virus masih ditemukan di daerah itu. Saat ini, ada dua pasien COVID-19 yang menjalani perawatan di RSUD Soewondo Pati.

Oleh karena mayoritas warga setempat sudah divaksin, kata dia,saat ini imunitas masyarakatsemakin meningkat sehingga gejala yang timbul tidak terlalu terlihat. "Tentunya kami mengingatkan kepada teman-teman yang ada di pelayanan, nanti ditanyakan sertifikat vaksinnya. Kalau belum ada ya segera dibantu," ujarnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pati Aviani Tritanti Venusia menjelaskan tentang strategi mencegah gelombang baru pandemi COVID-19, di antaranya pelacakan serta pembatasan sosial dengan penguatan 3T (tes, telusur, tindak lanjut), serta 3M (memakai masker dengan benar, menjaga jarakdan menjauhi kerumunan, serta mencuci tangan memakai air mengalir sertasabun).

Strategi tersebut, kata dia, untuk mengidentifikasi dengan cepat potensi penyebaran kasus baru. "Dan memang capaian vaksin penguat (dosis ketiga) Kabupaten Pati per tanggal 29 Agustus 2022 masih rendah karena baru 19,84 persen atau 185.970 sasaran, sedangkan targetnya paling tidak adalah 30 persen," ujarnya.

Untuk vaksinasi dosis kedua tercatat mencapai 796.811 sasaran atau 68,42 persen dan dosis keempat mencapai 2.111 sasaran atau 33,63 persen.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement