Arab Saudi Umumkan Skema e-Visa turis Bagi Penduduk GCC

Jumat , 02 Sep 2022, 15:30 WIB Reporter :Zahrotul Oktaviani/ Redaktur : Muhammad Hafil
Saudi Umumkan Skema e-Visa turis Bagi Penduduk GCC.   Ilustrasi visa
Saudi Umumkan Skema e-Visa turis Bagi Penduduk GCC. Ilustrasi visa

IHRAM.CO.ID,RIYADH -- Arab Saudi telah mengumumkan peraturan baru bagi penduduk Teluk atau GCC. Pelancong asal wilayah ini dapat mengajukan permohonan visa elektronik atau e-Visa melalui portal yang baru diluncurkan.

 

Terkait

Tidak hanya bagi penduduk GCC, Kementerian Pariwisata Saudi juga mengatakan penduduk Inggris, AS dan Uni Eropa, juga bisa mendapatkan visa pada saat kedatangan.

Baca Juga

Dilansir di Gulf Today, Jumat (2/9/2022), Menteri Pariwisata Ahmed Al Khatieb telah menandatangani keputusan menteri, yang akan membuat kunjungan ke Arab Saudi lebih cepat, mudah, serta lebih gampang diakses.

Pemegang visa bisnis atau turis yang sah dari Inggris, Amerika Serikat atau salah satu negara perjanjian Schengen, disebut dapat mengajukan permohonan e-Visa pada saat kedatangan. Asalkan, telah digunakan setidaknya sekali untuk memasuki negara yang mengeluarkan visa.

Keputusan menteri juga menghapus kewajiban bagi calon pengunjung untuk pergi ke kedutaan negara mereka, sebelum memasuki Arab Saudi. Hal ini meningkatkan peluang bagi calon pelancong menghadapi perjalanan yang disederhanakan.

"Meningkatkan pengalaman pengunjung adalah inti dari masa depan industri pariwisata. Dengan memanfaatkan inovasi digital dan memudahkan para pelancong untuk bepergian, Arab Saudi semakin menyambut pengunjung dari seluruh penjuru dunia," ucap Ahmed Al Khatieb.

Ia juga menyebut kebijakan baru ini merupakan tonggak sejarah yang penting. Saudi berupaya mengembangkan sektor pariwisata yang berkelanjutan, tangguh dan kompetitif, sambil memberikan layanan kepada masyarakat setempat.

"Pariwisata menyatukan budaya dan menghubungkan komunitas, memberikan peluang dan mengangkat lingkungan," lanjut dia.

Lebih lanjut dia mengatakan, lebih dari satu juta e-visa telah dikeluarkan sejak diluncurkan pada 2019. Adapun peraturan visa yang diubah ini menegaskan saat turis berada di Kerajaan harus mematuhi hukum negara, termasuk membawa dokumen identifikasi setiap saat.

Kementerian mengundang siapapun yang ingin mendapatkan rincian lebih lanjut tentang perubahan peraturan visa turis, sekaligus mengetahui daftar negara yang kewarganegaraannya dapat mengajukan permohonan visa, agar mengunjungi platform elektronik www.visitsaudi.com atau situs resmi Kementerian Luar Negeri, www.mofa.gov.sa.  

Sumber:

https://www.gulftoday.ae/news/2022/09/01/saudi-arabia-announces-online-tourist-visas-for-residents-of-gcc-uk-eu-and-us

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini