Senin 05 Sep 2022 15:16 WIB

Sichuan Diguncang Gempa Terkuat Sejak 2013

Gempa berkekuatan 6,8 skala Richter mengguncang Sichuan, China.

Rep: Lintar Satria/ Red: Friska Yolandha
Warga mengantre untuk pemeriksaan Covid-19 di Chengdu di provinsi Sichuan, China barat daya Selasa, 30 Agustus 2022. Gempa berkekuatan 6,8 skala Richter mengguncang Sichuan, China.
Foto: Chinatopix Via AP
Warga mengantre untuk pemeriksaan Covid-19 di Chengdu di provinsi Sichuan, China barat daya Selasa, 30 Agustus 2022. Gempa berkekuatan 6,8 skala Richter mengguncang Sichuan, China.

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Gempa berkekuatan 6,8 skala Richter mengguncang Sichuan, China. Gempa terkuat yang mengguncang provinsi itu sejak 2013 itu terasa di ibukota provinsi Chengdu sampai ratusan kilometer di kota-kota seperti Xian dan Changsa.

Belum ada laporan korban jiwa atau terluka sementara sejumlah media melaporkan kerusakan. Pusat Jaringan Gempa Bumi China mengatakan pusat gempa terletak di Kota Luding dengan kedalaman 16 kilometer dari permukaan laut.  

Baca Juga

Kota yang dihuni sekitar 21 juta orang itu berada sekitar 226 kilometer sebelah tenggara Chengdu.

"Guncangannya cukup kuat dan lama," kata seorang warga yang tinggal lantai 30 sebuah apartemen di Chengdu, Shirle Li, Senin (5/9/2022). Chengdu sedang memberlakukan peraturan pembatasan sosial Covid-19 dan baru saja dilanda gelombang panas.

"Ini masa yang sulit bagi kami, gelombang panas, peraturan pembatasan sosial Covid dan sekarang gempa bumi," katanya.

Beberapa menit kemudian Kota Yaan yang terletak sekitar 100 kilometer dari Chengdu diguncang gempa dengan kekuatan 4,2 skala Richter. Gempa cukup sering di provinsi-provinsi barat daya Sichuan terutama di daerah pegunungan di sebelah barat, daerah tektonik aktif di sepanjang perbatasan Qinghai-Tibet.

Media pemerintah China News Service mengatakan gempa di Luding ukup keras bagi beberapa orang. Terlihat retakan di beberapa rumah. Video yang diunggah di media sosial menunjukkan lampu bergoyang-goyang dan orang-orang berlarian keluar gedung.

Stasiun televisi pemerintah mengatakan sekitar 39 ribu orang tinggal sekitar 20 kilometer dari pusat gempa dan 1,55 juta orang tinggal dari 100 kilometer dari pusat gempa. Gempa ini yang terkeras sejak April 2013 lalu.

Ketika Kota Yaan diguncang gempa berkekuatan 7,0 skala Richter. Lebih dari 100 orang tewas dan ribuan lainnya terluka.

"Kami mendengar suara alarm melalui pengeras suara sekitar 20 sampai 30 detik sebelum gempa," kata salah seorang warga yang mengaku bernama Yang.

Yang mengatakan alarm gempa dipasang di pemukiman warga, Taman Kanak-kanak dan Sekolah Dasar. Gempa paling keras yang terjadi di Sichuan tercatat pada Mei 2008. Kekuatan gempa di Wenchuan itu mencapai 8,0 skala Richter dan menewaskan hampir 70 ribu orang.

Gempa Senin ini terasa sampai Changsha di Provinsi Hunan dan Xian di Provinsi Shaanxi yang jarak ratusan kilometer dari pusat gempa.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement