Selasa 06 Sep 2022 06:59 WIB

Soccer Power Index Prediksi Bayern Muenchen Juara Liga Champions 2022/2023

Manchester City ada di peringkat kedua index prediksi ini.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pemain Bayern Muenchen Sadio Mane
Foto: AP/Matthias Schrader
Pemain Bayern Muenchen Sadio Mane

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Raksasa Jerman Bayern Muenchen diklaim menjadi favorit untuk meraih gelar Liga Champions 2022/2023 dibandingkan dengan Manchester City. Bahkan, kans juara bertahan Real Madrid justru berada di bawah Liverpool.

Sebagian besar penikmat sepak bola memprediksi Manchester City asuhan Pep Guardiola sebagai tim yang diunggulkan mengakat titel Si Kuping Lebar, membuat mereka mengakhiri luka serta penantian panjang.

Baca Juga

Namun prediksi berbeda datang jika menggunakan sejumlah metrik termasuk indeks kekuatan sepak bola (SPI). Menukil laman FiveThirtyEight dilansir Daily Mail, Selasa (6/9/2022) Bayern lebih diunggulkan.

Soccre Power Index alias SPI, yang mencari peringkat tim berdasarkan kinerja yang diprediksi daripada dengan cara sama seperti FIFA, menempatkan Bayern Muenchen sebagai tim terbaik di Benua Biru dengan nilai 93,3.

Sementara juara bertahan Liga Primer Inggris Manchester City berada di bawah Die Bayern dengan mengumpulkan nilai 92,3.

Peringkat tersebut dikembangkan, FiveThirtyEight melalui analisis statistik tentang berapa banyak gol yang diharapkan akan dicetak sebuah tim dan berapa banyak mereka kebobolan.

Selain peringkat keseluruhan tim yang menggunakan indeks SPI mereka sendiri, yang diambil dari sistem versi ESPN sendiri, FiveThirtyEight juga memberikan pemodelan tentang seberapa besar kemungkinan tim untuk finis di puncak grup mereka serta mencapai setiap tahap babak sistem gugur.

Muenchen misalnya, memiliki peluang 63 persen untuk finis di puncak Grup C Liga Champions. Pun, Manchester City jauh lebih tinggi yaitu 76 persen, karena mereka tergabung dengan tim yang relatif mudah di Grup G.

Raksasa Jerman akan menghadapi Barcelona, Inter Milan dan Viktoria Plzen sementara City relatif nyaman mengetahui mereka memiliki bentrokan melawan Borussia Dortmund, Sevilla dan FC Copenhagen.

The Citizens memiliki peluang 95 persen untuk lolos ke babak 16 besar sedangkan Bayern 90 persen. Armada Pep Guardiola dianggap memiliki peluang 71 persen untuk mencapai perempat final, sebelum turun menjadi 49 persen untuk partai semifinal dan kemudian menjadi 31 persen untuk final.

Di sisi lain, juara bertahan Real Madrid berada di peringkat kelima sebagai klub yang diprediksi memenangkan kompetisi. Los Merengues memiliki peluang 55 persen untuk menjadi pemimpin grup.

Adapun peluang 82 persen untuk mencapai babak perempat final dan secara kronologis untuk putaran selanjutnya peluang Karim Benzema dan kawan-kawan merosot dari 49 persen menjadi 25 persen kemudian menjadi 12 persen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement