Rabu 07 Sep 2022 22:22 WIB

Wapres Minta KDEKS Gali Potensi Daerah Sektor Unggulan Ekonomi Syariah

Wapres Minta KDEKS Gali Potensi Daerah Sektor Unggulan Ekonomi Syariah

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Muhammad Hafil
Ekonomi syariah (ilustrasi)
Foto: aamslametrusydiana.blogspot.com
Ekonomi syariah (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID,JAKARTA--Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengharapkan peran Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) yang telah terbentuk dalam pengembangan ekonomi syariah di wilayahnya. Kiai Ma'ruf meminta KDEKS menggali potensi daerah pada sektor-sektor unggulan ekonomi syariah.

Ini disampaikan Wapres Ma'ruf saat menyaksikan pengukuhan pengurus KDEKS Sumatera Selatan dan pengurus wilayah Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Sumatera Selatan di Palembang, Rabu (7/9).

Baca Juga

"Potensi daerah pada sektor-sektor unggulan ekonomi syariah agar terus digali. Industri produk halal, jasa keuangan syariah, dana sosial syariah serta bisnis dan kewirausahaan syariah agar dikembangkan, termasuk penguatan terhadap UMKM industri halal," kata Wapres Ma'ruf dalam sambutannya.

Wapres Ma'ruf berharap pengurus KDEKS dapat segera bekerja, mengambil langkah strategis, berkoordinasi dengan pusat dan daerah, maupun lintas daerah, untuk menjalankan kebijakan ekonomi dan keuangan syariah di wilayanya. Selain itu kata dia, sejumlah program ekonomi dan keuangan syariah yang telah diinisiasi agar dilanjutkan dan dikembangkan.

Ketua Harian Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) ini menegaskan, perlunya gerak cepat dan kompak seluruh pemangku kepentingan ekonomi syariah baik pusat maupun daerah. Ini sejalan dengan target pemerintah menjadikan Indonesia sebagai Pusat Halal Dunia pada 2024.

"Ekosistem di daerah harus dibangun dan diperkuat, agar berbagai program dapat terimplementasi dengan baik,” ujarnya.

Sementara, kepada Pengurus MES Sumsel yang baru, Ma'ruf juga berpesan agar dapat segera merumuskan dan melaksanakan program kerja dengan sebaik-baiknya. Dia mengingatkan, strategi dan kebijakan pengembangan ekonomi syariah tentu perlu memperhatikan karakteristik, kondisi dan kebutuhan daerah.

"MES juga diharapkan menjadi mitra KDEKS Sumatra Selatan dalam mengakselerasi pertumbuhan ekonomi dan keuangan syariah di wilayah Sumatra Selatan," katanya.

Dalam acara tersebut, Wapres juga meresmikan peluncuran ZISWAF Mobile Banking dan_Mart-Booth_ Masjid BSB, Masjid Babussalam Sabil Barakah.

Wapres berharap, aplikasi ZISWAF mobile akan mempermudah masyarakat dalam penyaluran dana sosial syariah, serta meningkatkan penghimpunan dan kebermanfaatan ZISWAF.

"Adapun program Mart_Booth Masjid diharapkan akan semakin mendorong ekonomi bergerak dan tumbuh melalui masjid, tidak hanya kesejahteraan jamaah masjid tetapi juga lingkungan di sekitarnya,"kata Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia tersebut.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement