Kamis 08 Sep 2022 22:38 WIB

Wapres: Komponen Cadangan Strategi Antisipatif Hadapi Ancaman Bangsa

Komponen Cadangan merupakan mandat yang tertuang dalam konstitusi negara.

Wakil Presiden Ma
Foto: ANTARA/Feny Selly
Wakil Presiden Ma

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan Komponen Cadangan TNI merupakan strategi antisipatif dalam menghadapi ancaman bangsa.

"Saya memandang, Komponen Cadangan merupakan strategi antisipatif agar kita siap menghadapi ancaman dan gangguan terhadap kehidupan bangsa," kata Wapres dalam amanatnya saat menjadi Inspektur Upacara Penetapan Komponen Cadangan TNI TA 2022 di Bandung, Jawa Barat, Kamis (8/9/2022).

Selain menjadi kekuatan tambahan, tambah Wapres, Komponen Cadangan TNI juga merupakan upaya dalam memperkuat rasa nasionalisme bagi masyarakat.

"Komponen Cadangan juga merupakan salah satu ikhtiar bangsa untuk mempersiapkan kekuatan rakyat, sekaligus champions (pemenang) di berbagai bidang yang memiliki dan menunjukkan kecintaan pada tanah air," katanya.

Selain itu, Komponen Cadangan juga merupakan mandat yang tertuang dalam konstitusi negara, yaitu Pasal 27 ayat (3) UUD Negara RI 1945, bahwa setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara.

Dia berpesan agar seluruh Komponen Cadangan TNI yang telah menyelesaikan pelatihan dan telah ditetapkan dapat terus mengemban amanat sebagai penjaga kedaulatan bangsa dan menjadi inspirasi bagi masyarakat di sekitarnya. Wapres juga mengucapkan selamat atas penetapan Komponen Cadangan Tahun 2022.

Turut hadir mendampingi Wapres dalam upacara tersebut ialah Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal TNIDudung Abdurachman, Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal TNIFadjar Prasetyo, dan Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement