Sabtu 10 Sep 2022 10:18 WIB

Jangan Remehkan Kekuatan Koperasi

di negara lain seperti di Eropa, pengelolaan koperasinya sangat maju.

Dewi Motik Pramono (tengah) menghadiri acara pembukaan Koperasi Hartanah
Foto: istimewa
Dewi Motik Pramono (tengah) menghadiri acara pembukaan Koperasi Hartanah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengusaha wanita Dewi Motik Pramono menyatakan koperasi adalah jawaban untuk memperbaiki ekonomi rakyat kecil. Kekuatan koperasi  ini jangan dianggap remeh sebab di negara lain seperti di Eropa koperasinya sangat maju. 

“Saya kebetulan keliling di Eropa yang punya  kapal terbang itu koperasi lho, yang punya hotel juga koperasi. Jadi jangan remehkan kekuatan koperasi,” kata Dewi Motik memberikan sambutan pada peresmian Koperasi Konsumen Hartanah Makmur Sentosa (Koperasi Hartanah) di Kabupaten Tangerang, Banten. 

Dalam keterangan tertulis yang diterima Sabtu (10/9), Dewi Motik mengatakan untuk membuat koperasi menjadi berkembang dan kuat maka perlu soliditas dari para anggotanya. Dia juga berharap Koperasi Hartanah ini bisa berkembang dan menguntungkan anggotanya.  

“Harus saling mengingatkan, saling mengisi. Keinginan, motivasi pemimpin sangat mempengaruhi seluruh anggota koperasi. Kalau sudah waktunya RAT dilakukan  terbuka, semua anggota punya hak suara. Insya Allah masa depan akan menjadi milik Anda,” ujar Dewi Motik.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Tangerang Dra Hj Nurul Hayati, MSi berharap Koperasi Hartanah bisa memberikan berkah dan harapan bagi anggota koperasi, khususnya bagi UMKM di Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang. Ia juga berharap para pelaku UMKM di kecamatan ini bisa jadi binaan Koperasi Hartanah.

“Koperasi Hartanah merupakan koperasi konsumen sehingga kami berharap bahwa dengan adanya kantor pelayanan perdana di Kabupaten Tangerang ini dapat memberikan layanan dalam hal usaha dalam memenuhi kebutuhan anggotanya,” katanya.

Ketua Koperasi Hartanah Johny Gunawan menjelaskan alasannya memilih Tangerang sebagai tempat kantor perwakilan. Ia menilai perkembangan dan pembangunan infrastruktur di daerah ini sangat berkembang pesat, dengan tingkat populasi dari tahun ke tahun yang terus bertambah. 

"Dengan makin bertambahnya populasi ini secara otomatis akan mendongkrak pertumbuhan ekonomi untuk wilayah Tangerang dan sekitarnya ini, dimana pasti akan banyak bermunculan UMKM-UMKM baru yang sangat potensial untuk dapat tumbuh dan berkembang," katanya. 

Pada acara pembukaan kantor perwakilan ini digelar juga kegiatan bazar UMKM. Selain itu dilakukan peresmian logo baru Koperasi Hartanah, serta info mengenai Hartanah Mart yang menyediakan kebutuhan anggota dan nonanggota.

Terkait dengan adanya segelintir koperasi yang bermasalah beberapa waktu lalu, Johny Gunawan menyebut kejadian itu mendorong pihaknya untuk terus melakukan upaya mengembalikan kepercayaan masyarakat terhadap koperasi. 

“Kami selalu bergandengan tangan dengan pemerintah dalam hal ini dinas maupun suku dinas koperasi di wilayah mana kami beroperasi, sehingga tingkat kepercayaan masyarakat terhadap koperasi terus meningkat,” ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement