Sabtu 10 Sep 2022 13:05 WIB

Satu Orang Jamaah Haji Terakhir di Arab Saudi Pulang ke Indonesia

Jamaah haji terakhir Indonesia sempat menjalani perawatan kesehatan di Arab Saudi.

 Jemaah haji terakhir dirawat di Arab Saudi pulang ke Indonesia. Foto: Kepulangan jamaah haji ke tanah air (Ilustrasi)
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Jemaah haji terakhir dirawat di Arab Saudi pulang ke Indonesia. Foto: Kepulangan jamaah haji ke tanah air (Ilustrasi)

IHRAM.CO.ID,JAKARTA -- Tim Kantor Urusan Haji (KUH) KJRI Jeddah mengantar pulang ke Tanah Air satu jemaah haji setelah menjalani perawatan di Rumah Sakit Arab Saudi.

Jemaah atas nama Abas Bahtiar Abdul Manan diberangkatkan dari Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah pada Jumat, 9 September 2022pukul 18.55 waktu Arab Saudi dengan Saudia Airlines Nomor Penerbangan SV 816.

Baca Juga

"Jemaah yang tergabung dalam kloter 3 Embarkasi Jakarta-Bekasi (JKS 03) ini mendarat di Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng, Sabtu pukul 09.00 WIB," kata Konsul Haji KJRI Jeddah Nasrullah Jasam dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Sabtu (10/9/2022).

Kepulangan jemaah ke Indonesia diantar dua petugas dari KUH KJRI Jeddah, yaitu Hasyim Bin Salim Hilaby dan Dadang Zaelani Danuuna.

 

"Alhamdulillah, jamaah haji atas nama Abas Bahtiar Abdul Manan sudah kami antar pulang ke Tanah Air, setelah menjalani perawatan di Arab Saudi," kata Nasrullah.

Abbas Bahtiar merupakan jamaah haji 1443 H terakhir yang pulang ke Indonesia setelah dirawat di Arab Saudi. "Jadi sudah tidak ada lagi jemaah haji 2022 yang di Tanah Suci," kata dia.

Nasrullah menjelaskan,Abbas Bahtiar diantar pulang ke Tanah Air setelah dinyatakan laik terbang, ditandai dengan terbitnya Medical Information Form (Medif) dari pihak berwenang di Arab Saudi.

"Abbas Bahtiar kami antar pulang ke Indonesia dalam keadaan berbaring," katanya.

"Kita doakan, semoga semua jamaah haji Indonesia sehat, berkumpul kembali dengan keluarganya," kata Nasrullah.

Operasional penyelenggaraan ibadah haji 1443 H telah dinyatakan berakhir oleh Menag Yaqut Cholil Qoumas pada 18 Agustus 2022. Sejak itu, masih ada delapan jemaah yang dirawat di RS Arab Saudi. Enam jamaah sudah pulang ke Tanah Air, dua jamaah wafat dan dimakamkan di Arab Saudi.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement