Anggota DPR Dukung Perintah Presiden Perbaiki Layanan Imigrasi

Anggota Komisi III DPR Andi Rio Idris mendukung perbaikan layanan keimigrasian

Selasa , 13 Sep 2022, 16:09 WIB
Anggota Komisi III DPR Andi Rio Idris mendukung perbaikan layanan keimigrasian.
Foto: DPR RI
Anggota Komisi III DPR Andi Rio Idris mendukung perbaikan layanan keimigrasian.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Anggota Komisi III DPR RI Andi Rio Idris Padjalangi mendukung anjuran dan perintah Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang meminta Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) memperbaiki layanan keimigrasian terutama Visa on Arrival dan Kartu Izin Tinggal terbatas (Kitas).

"Saya meyakini perintah Presiden tersebut untuk perbaikan dan mempermudah investor asing masuk ke Indonesia, sehingga berdampak baik pada perekonomian Indonesia untuk kembali pulih dan bangkit," kata Andi Rio di Jakarta, Selasa (13/9/2022).

Baca Juga

Karena itu dia meminta Kemenkumham segera mengikuti anjuran dan perintah Presiden tersebut untuk memperbaiki pelayanan keimigrasian. Menurut dia, Ditjen Imigrasi Kemenkumham harus dapat meningkatkan profesionalitas dan transparansi kepada publik khususnya warga negara asing dalam sisi informasi yang dilakukan secara rinci dalam hal prosedur dan proses pelayanan keimigrasian di Indonesia.

"Langkah ini untuk memulihkan dan mengembalikan kepercayaan warga negara asing kepada Indonesia, turis, dan investor asing harus merasa nyaman, aman, dan mendapat kemudahan. Itu agar mereka mau menanamkan modalnya dan terciptanya lapangan pekerjaan," ujarnya.

Wakil Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR RI itu menjelaskan, seluruh dunia sedang berusaha mendapatkan investor asing untuk melakukan pemulihan perekonomian pasca-pandemi Covid-19. Karena itu menurut dia, seluruh pemangku kepentingan harus dapat meyakinkan bahwa kondisi Indonesia aman dan mudah melakukan investasi.

Dia menilai aparat penegak hukum, pemerintah daerah, dan keimigrasian harus saling berkomunikasi dan berkoordinasi secara sinergis. Politisi Partai Golkar itu mengajak semua pihak untuk mewujudkan harapan pemerintah yang ingin menjadikan bangsa Indonesia sebagai negara maju. Karena itu, segala perbaikan atau perubahan demi kemajuan bangsa Indonesia agar dapat Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat.