Kamis 15 Sep 2022 07:15 WIB

Berkah Wakaf Alquran BWA, Suku Dayak Bersyahadat

Mualaf tersebut berjumlah 4 KK (18 orang).

Chief of Network BWA Babeh Hazairin (tengah) bersama para mualaf Suku Dayak di pedalaman Sintang, Kalimantan Barat.
Foto: Dok BWA
Chief of Network BWA Babeh Hazairin (tengah) bersama para mualaf Suku Dayak di pedalaman Sintang, Kalimantan Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, SINTANG -- Istiqamah dan konsisten dalam berdakwah di pedalaman Kalimantan Barat membuat jumlah mualaf di pedalaman bertambah dari waktu ke waktu.

Badan Wakaf Alquran (BWA)  mendapat kesempatan membimbing, mendampingi dalam mensyahadatkan empat  kepala keluarga (KK)  dari Suku Dayak pedalaman Sintang dalam rangkaian kegiatan distribusi 20 ribu Alquran wakaf yang saat ini sedang berjalan.

photo
Suasana pembinaan mualaf Suku Dayak di pedalaman Sintang yang diadakan oleh Badan Wakaf Alquran (BWA).  (Foto: Dok BWA)

Berkaitan dengan distribusi Alquran wakaf, BWA juga melaksanakan pembinaan kepada umat khususnya di wilayah pedalaman bersama para dai pedalaman. “Hal itu dilakukan  dengan mendukung kebutuhan dakwah berupa wakaf seperti Alquran, buku Iqra, motor dakwah, dan yang saat ini sedang dihimpun yakni perahu dakwah untuk menyusuri pedalaman Sungai Kapuas,” kata Chief of Network BWA Babeh Hazairin dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Rabu (14/9/2022). 

Ia menambahkan, pada distribusi Alquran wakaf  kali ini,  BWA bersinergi dengan Mualaf Center Sintang, BKPUI, ICMI dan Dai Pedalaman Sintang. Selasa, 13 September 2022, rombongan menempuh pedalaman 40 km dari Sintang dengan tantangan alam dan situasi yang sedang musim hujan.  Setelah menempuh perjalanan selama lima  jam, rombongan sampai ke lokasi dan segera melakukan bimbingan prosesi ikrar syahadat.

 

“Alhamdulillah telah bertambah 18 orang saudara Muslim kita dari Suku Dayak Seberuang dan Dayak Desa di pedalaman Sintang,” kata Babeh Hazairin yang membimbing langusng ikrar syahadat sebanyak empat KK berjumlah 18 orang. Kegiatan itu  disaksikan oleh tim Mualaf Center Haji Sarbaini & Dai Pedalaman Ustdaz  Yamin. 

Babeh Hazairin mengemukakan, semua kelelahan dan kesulitan perjalanan menuju pedalaman Sintang, terbayar dengan melihat bertambahnya saudara-saudara Muslim di sana. “Mereka menyambut rombongan dengan suka cita. Semoga BWA dengan program wakaf Alquran  dan pembinaannya terus istiqamah dalam mendukung dakwah di pedalaman,”  ujarnya.

Kegiatan ini dilanjutkan dengan sunatan  beberapa anak Suku Dayak yang telah masuk Islam. Jumlahnya enam  orang anak kecil , ditambah satu orang  dewasa. Rombongan juga membagikan beberapa titipan amanah seperti sembako dan pakaian Muslim. Penutup dari kegiatan ini Babeh Hazairin memberikan buku  Iqra, Alqururan terjemah dan santunan zakat peer to peer. “Untuk mengetahui kegiatan BWA bisa mengunjungi www.bwa.id dan www.wakafquran.org,” kata Babeh Hazairin.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement