Kamis 15 Sep 2022 14:40 WIB

Baznas Kota Tangerang Salurkan Beasiswa Cendekia kepada 45 Pelajar

Pelajar yang mendapatkan beasiswa telah diterima di sejumlah perguruan tinggi.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
 Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) menggulirkan Program Beasiswa Khusus Kemitraan Baznas 2022 (ilustrasi).
Foto: Baznas
Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) menggulirkan Program Beasiswa Khusus Kemitraan Baznas 2022 (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Tangerang, Banten, memberikan beasiswa pendidikan hingga lulus kepada 45 pelajar untuk masuk ke perguruan tinggi negeri (PTN) dan perguruan tinggi swasta (PTS).

Wakil Ketua Baznas Kota Tangerang, Danni Budianto Saragih, mengatakan, program Beasiswa Cendekia Baznas adalah beasiswa berupa bantuan biaya pendidikan serta program pembinaan dan pengembangan diri bagi mahasiswa S1 pada PTN dan PTS dari kalangan keluarga berpenghasilan rendah.

Beasiswa diberikan kepada warga Kota Tangerang yang tergolong tak mampu, namun memiliki nilai pendidikan bagus. Menurut Danni, awalnya ada 55 orang pendaftar beasiswa, kemudian setelah dilakukan seleksi, terpilih 45 orang.

"Kami berikan beasiswa berupa uang semester dari awal hingga lulus di perguruan tinggi. Harapannya program ini bisa mewujudkan harapan para pelajar untuk menempuh pendidikan ke jenjang lebih tinggi," katanya di Kota Tangerang, Provinsi Banten, Kamis (15/9/2022).

Selain itu, beasiswa yang diberikan juga ada lainnya, yakni uang saku maksimal Rp 1 juta per bulan. Danni menuturkan, pendaftaran program bantuan beasiswa ini sudah disosialisasikan kepada setiap kecamatan untuk mengirim pelajar berprestasi namun tergolong tak mampu.

Baznas bekerja sama dengan kecamatan dan kelurahan untuk melakukan sosialisasi. Pasalnya, program tersebut bagian upaya memberikan ruang bagi pelajar berprestasi menempuh pendidikan di jenjang perguruan tinggi. "Dana yang diberikan dalam program ini berasal dari ZIS yang dikelola oleh Baznas dan bisa dipertanggungjawabkan. Ini program rutin yang dilaksanakan Baznas," ujarnya.

Dani mengatakan, pelajar yang mendapatkan beasiswa itu telah diterima di sejumlah perguruan tinggi negeri dan swasta. Di antaranya, UIN Syarif Hidayatulla, Untirta, UIN Sunan Gunung Jati, IPB, UMJ, UMT, UNIS, dan Universitas Ahmad Dahlan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement