Sabtu 17 Sep 2022 09:38 WIB

Ulama Nigeria Serukan Pendidikan Alquran Sejak Dini 

Alquran sebagai cahaya dunia yang memberikan solusi untuk setiap masalah sosial.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Agung Sasongko
Pendidikan Alquran di Nigeria
Foto: youtube
Pendidikan Alquran di Nigeria

REPUBLIKA.CO.ID, LEKKI —-Perguruan Tinggi Hafalan Alquran Lekki, Nigeria telah meluluskan enam penghafal Alquran baru. Pada acara haflah yang digelar di Masjid Pusat Lekki, Imam Besar Lekki,  Ridwan Jamiu mengatakan Alquran sebagai cahaya dunia yang memberikan solusi untuk setiap masalah sosial. Dia menekankan perlunya umat Islam untuk berusaha menghafal Alquran danmemahami maknanya serta menyesuaikannya dengan rutinitas sehari-hari mereka.

“Alquran adalah cahaya dunia. Tanpa cahaya, dunia akan berada dalam kegelapan. Apa yang kita lakukan hari ini adalah salah satu hal terbaik yang bisa terjadi pada siapa pun. Siapapun yang diberi kesempatan oleh Allah agar anaknya bisa menghafal Alquran, itu adalah salah satu hal terbaik yang bisa terjadi pada siapa pun karena pahala untuk itu tidak hanya di dunia ini tetapi di akhirat," kara Jamiu seperti dilansir Daily Trust pada Sabtu (17/9/2022). 

Baca Juga

“Dan kami percaya bahwa bagi anak-anak yang telah menghafal Alquran dan mereka memahaminya, mereka akan menjadi duta yang lebih baik untuk Islam dan mereka akan melayani kemanusiaan dan Islam lebih baik daripada mereka yang tidak memiliki pengetahuan tentang Alquran," tambahnya.

Jamiu mengatakan Alquran menjelaskan segala sesuatu di dunia dan di akhirat. Ia menilai masih banyak Muslim yang belum bisa membaca Alquran. Dan Muslim yang sudah bisa membaca pun belum bida membaca dengan sempurna sesuai ketentjan dan hukumnya. 

Ia berpesan kepada para orang tua agar mengizinkan anak-anaknya untuk menghafal Alquran sejak usia dini terutama setelah mereka menyelesaikan pendidikan dasar. Sebab menurutnya hal itu akan lebih mudah.

Presiden Lekki Ummah Muslim, Abdulganiy Labinjo berpesan kepada para wisudawan agar tidak meninggalkan Alquran, Ia pun mengajak untuk merenungkan makna dan menjadi duta Islam yang baik.

“Menghafal Alquran adalah latihan mental yang serius yang merangsang pusat memori di otak dan ini pasti akan tercermin dalam pengejaran akademis Anda ke depan, karena Anda pasti akan unggul. dalam studi masa depan Anda," kata Labinjo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement