Senin 19 Sep 2022 17:09 WIB

Uni Eropa Usulkan Penangguhan Miliaran Dana dari Hungaria

Hungaria dijadwalkan menerima setidaknya 50 miliar euro dari anggaran 2021-2027

Rep: Novita Intan/ Red: Nidia Zuraya
Bendera Uni Eropa.
Foto: Anadolu Agency
Bendera Uni Eropa.

REPUBLIKA.CO.ID, BRUSSELS -- Cabang eksekutif Uni Eropa merekomendasikan bahwa blok tersebut menangguhkan sekitar 7,5 miliar euro dalam pendanaan ke Hungaria. Hal ini karena kekhawatiran tentang kemunduran demokrasi dan kemungkinan salah urus uang Uni Eropa.

Seperti dilansir dari laman AP, Senin (19/9/2022) Komisi Eropa, yang mengusulkan undang-undang blok tersebut dan memastikan undang-undang tersebut dihormati, pihaknya bertindak untuk memastikan perlindungan anggaran UE dan kepentingan keuangan UE terhadap pelanggaran prinsip-prinsip aturan hukum di Hungaria.

Baca Juga

Komisaris Anggaran Uni Eropa Johannes Hahn mengatakan langkah-langkah yang diusulkan Hungaria untuk mengatasi kekurangan tersebut, komisi tersebut merekomendasikan penangguhan dana sebesar perkiraan jumlah 7,5 miliar euro.

Uang itu akan berasal dari dana kohesi yang diberikan kepada Hungaria. Dana tersebut salah satu bagian terbesar dari anggaran blok tersebut, membantu negara-negara untuk membawa ekonomi dan infrastruktur mereka sesuai dengan standar UE.

Negara-negara UE membayar sekitar satu persen dari pendapatan nasional bruto mereka ke dalam anggaran. Hungaria dijadwalkan menerima setidaknya 50 miliar euro dari anggaran 2021-2027, menurut perkiraan komisi.

“Setiap tindakan untuk menangguhkan dana harus disetujui oleh negara-negara anggota UE, dan ini membutuhkan mayoritas yang memenuhi syarat, yang berjumlah 55 persen dari 27 anggota yang mewakili setidaknya 65 persen dari total populasi UE,” tulisnya.

Mereka memiliki waktu satu bulan untuk memutuskan apakah akan membekukan dana Hongaria, tetapi dalam keadaan luar biasa dapat memperpanjang periode itu menjadi dua bulan. Komisi tersebut merekomendasikan agar negara-negara anggota mengambil waktu hingga 19 November untuk memberi Hungaria lebih banyak waktu untuk mengatasi masalah tersebut.

Komisi tersebut selama hampir satu dekade menuduh Perdana Menteri Hongaria Viktor Orban membongkar lembaga-lembaga demokrasi, mengambil alih media dan melanggar hak-hak minoritas. Orban, yang menjabat sejak 2010, membantah tuduhan itu.

Berbicara setelah pertemuan komisaris Uni Eropa di Brussels, yang dengan suara bulat mendukung langkah tersebut, Hahn menyambut baik tawaran Hungaria untuk memperbaiki masalah tersebut, dengan mengatakan bahwa tindakan perbaikan yang diusulkan berjalan ke arah yang benar.

Dia mengatakan langkah-langkah itu dapat mengatasi beberapa kekhawatiran komisi jika ditindaklanjuti, dan ditindaklanjuti dengan benar. Namun dia mengatakan risiko anggaran pada tahap ini tetap ada, oleh karena itu tidak dapat menyimpulkan bahwa anggaran UE cukup terlindungi.

Kekhawatiran komisi berfokus pada pengadaan publik - pembelian oleh negara bagian barang dan jasa atau pelaksanaan proyek menggunakan dana UE. Para kritikus mengatakan pemberian kontrak semacam itu telah memungkinkan pemerintah Orba untuk menyalurkan sejumlah besar uang UE ke dalam bisnis orang dalam yang terhubung secara politik.

Seorang pejabat senior UE menunjuk pada ketidakberesan, kekurangan, dan kelemahan sistematis dan sistemik dalam pengadaan publik terkait dengan tingkat penawaran tunggal yang sangat tinggi. Para pejabat memperkirakan bahwa sekitar setengah dari tender publik Hungaria diberikan setelah proses tender tunggal.

Komisi juga memiliki keprihatinan serius mengenai deteksi, pencegahan dan koreksi konflik kepentingan, serta tentang sejumlah trust kepentingan publik yang mengelola dana yang signifikan, dan terutama bidang pendidikan.

Media Hungaria telah melaporkan bahwa pemerintah nasionalis Orban akan mengumumkan undang-undang baru segera pada hari Senin. Anggota parlemen Uni Eropa menyatakan keprihatinan pekan lalu bahwa ini mungkin hanya taktik untuk mengulur waktu.

Dalam sebuah resolusi pada hari Kamis, para anggota parlemen mengatakan bahwa pemerintah nasionalis Hongaria dengan sengaja berusaha untuk merusak nilai-nilai demokrasi blok tersebut.

Mereka mengatakan bahwa pemerintah di Budapest – yang dicirikan oleh Orban sebagai “demokrasi yang tidak liberal” – telah menjadi “rezim hibrida dari otokrasi elektoral.” Sebagian, mereka menyalahkan negara-negara anggota UE untuk ini, karena menutup mata terhadap kemungkinan pelanggaran.

Anggota parlemen Partai Hijau Perancis yang mendampingi resolusi melalui majelis, Gwendoline Delbos-Corfield, mengatakan pertama kalinya, sebuah lembaga UE menyatakan kebenaran yang menyedihkan, bahwa Hongaria bukan lagi negara demokrasi.

Kasus tersebut, yang diluncurkan oleh komisi melawan Hungaria pada April, merupakan langkah baru dalam penggunaan mekanisme baru yang memungkinkan UE mengambil tindakan untuk melindungi anggarannya. Itu tidak menargetkan negara-negara anggota pelanggaran umum hukum UE.

Mekanisme tersebut dipandang sebagai senjata paling ampuh UE untuk mencegah memburuknya arus anti-demokrasi di beberapa negara. Pejabat komisi mengatakan bahwa Hongaria secara konsisten gagal menerapkan rekomendasi UE selama lebih dari 10 tahun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement