Selasa 20 Sep 2022 22:30 WIB

Festival Pesona Wisata Pesisir Kembali Digelar

Kawasan Waduk Pluit terpilih menjadi lokasi utama penyelenggaraan festival.

 Seorang nelayan mengangkat jaring di wilayah pesisir pantai. (ilustrasi)
Foto: Republika/Prayogi
Seorang nelayan mengangkat jaring di wilayah pesisir pantai. (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Kota Jakarta Utara meriahkan acara pada Ahad (19/2) dengan Festival Pesona Wisata Pesisir 2022 menyusul sukses serupa melalui ajang Jakarta Maritim Fest 2022.

Kawasan Waduk Pluit terpilih menjadi lokasi utama penyelenggaraan kegiatan Festival Pesona Wisata (Pesta) Pesisir 2022 yang dirangkai dengan Gerebek Lumpur dan Bersih-Bersih Waduk sebagai antisipasi datangnya musim hujan.

Baca Juga

"Festival Pesisir merupakan salah satu kegiatan historikal yang panjang dan dimulai dari tahun 2009. Terakhir kali diadakan pada tahun 2018 di Ancol, kemudian sempat vakum. Dan akan terselenggara lagi di tahun 2022 pada Minggu," ucapSekretaris Kota Jakarta Utara Abdul Khalit di Jakarta Utara, Selasa (20/9).

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menghadirkan Jakarta Maritim Fest untuk pemberdayaan kawasan pesisir Jakarta Utara, setiap akhir pekan September 2022.

Kegiatan pekan pertama sudah berlangsung pekan lalu pada Sabtu (17/9) di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Angke Interaktif di Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara dengan kegiatan lokakarya pengolahan ikan yang diikuti 52 orang nelayan dan pelaku UMKM di Muara Angke, sekaligus sosialisasi uang baru tahun 2022 oleh Bank Indonesia.

Selanjutnya pada Ahad, (18/9), sebanyak 77 orang anggota komunitas pemuda-pemudi Jakarta dan Kepulauan Seribu diajak untuk mengikuti budidaya terumbu karang dan penanaman mangrove di Pulau Tidung, Kepulauan Seribu Selatan.

Acara tersebut juga diharapkan menjadi momentum kebangkitan kembali aktivitas masyarakat di kawasan pesisir Jakarta dan Kepulauan Seribu pascapandemi COVID-19 dalam hal ekonomi, olah raga, pariwisata dan budaya.

Mengingat, begitu banyak kreasi dan rekreasi berbasis kearifan lokal di kawasan pesisir dan Kepulauan Seribu yang menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Jakarta.

Nantinya salah satu rangkaian acara Jakarta Maritim Fest yang juga dipersiapkan adalah Gowes di Utara, yakni bersepeda bersama dari Jakarta International Stadium (JIS) ke Gerbang Jalasena, Pantai Maju, Jakarta Utara pada 25 September.

Untuk mengikuti kegiatan tersebut, peserta mendaftar secara daring terlebih dahulu melalui tautan berikut. Selain itu juga ada gerak lari mengitari kawasan Pantai Maju di Pantai Indah Kapuk, Penjaringan, Jakarta Utara dengan panjang rute kurang lebih mencapai lima kilometer.

Semua potensi yang dimiliki daerah pesisir Jakarta Utara akan dikerahkan untuk mendukung kemeriahan acara di Jakarta Utara pada 25 September mendatang.

Khusus Pesta Pesisir 2022, sudah disiapkan 80 stan atau booth oleh pengelola yang dapat diisi oleh Unit Kerja Perangkat Daerah (UKPD), asosiasi, Badan Usaha Milik Daerah, komunitas, JakPreneur, dan sebagainya.

Berbagai agenda menarik akan menghibur wisatawan Jakarta Utara pada Minggu (25/9) mendatang, seperti atraksi perahu naga, pameran, lomba layang-layang, lomba dekorasi booth, hiburan musik, peragaan busana, bazar produk Usaha Mikro Kecil Menengah, dan lainnya.

"Sejumlah UKPD di lingkungan Pemerintah Kota Jakarta Utara juga akan berpartisipasi dengan menampilkan booth pameran yang menarik dan mewakili lingkup kerjanya," kata Khalit didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekko Jakarta Utara Wawan Budi Rohman.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement