Kamis 22 Sep 2022 14:50 WIB

Arab Saudi Sederhanakan Prosedur Visa Umroh Daring

Visa umroh daring sederhanakan prosedur.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Muhammad Hafil
Arab Saudi Sederhanakan Prosedur Visa Umroh Daring. Foto:  Ilustrasi visa
Foto: Freepik
Arab Saudi Sederhanakan Prosedur Visa Umroh Daring. Foto: Ilustrasi visa

IHRAM.CO.ID,RIYADH -- Arab Saudi telah memudahkan jamaah asing untuk memilih paket umroh melalui platform elektronik, Maqam. Tak hanya itu, prosedur penerbitan visa juga dapat diselesaikan dalam waktu singkat.

Jamaah umrah dapat merencanakan perjalanan mereka secara elektronik melalui Agen Perjalanan Online (OTA) dan platform yang disetujui. Validitas visa adalah 90 hari dan para peziarah bebas bepergian ke seluruh Kerajaan.

Baca Juga

Mereka dapat memesan layanan umrah melalui platform Maqam, mendapatkan visa, serta memesan layanan secara elektronik dari seluruh dunia, melalui platform tersebut dalam waktu kurang dari 24 jam. Jamaah tinggal masuk ke halaman utama dan mengklik daftar platform elektronik yang disetujui.

Platform Maqam pada dasarnya berfungsi sebagai Sistem Distribusi Global (GDS), menghubungkan layanan, tarif, sekaligus pemesanan dan menawarkan barang dan jasa di berbagai industri seperti hotel, maskapai penerbangan, dan persewaan mobil.

 

Dalam prosesnya, agen perjalanan dan OTA mengandalkan portal Maqam untuk menawarkan dan mempromosikan layanan mereka kepada para pencari umrah di seluruh dunia.

Dilansir di Saudi Gazette, Kamis (22/9/2022), untuk penerbitan visa, peziarah harus mengunjungi portal Maqam dan memilih agen perjalanan yang diinginkan.  Mereka perlu mendaftar di situs web agen perjalanan pilihan dan memasukkan detail perjalanan, seperti tanggal keberangkatan dan bandara, jumlah malam di Mekah dan Madinah, serta memilih pemberhentian pertama dari dua opsi, yaitu Makkah atau Madinah.

Untuk pemesanan hotel dan penerbangan, jamaah dapat memilih salah satu hotel pilihan di Makkah dan Madinah, paket transportasi, serta tiket pesawat dan memasukkan detail pribadi.

Peziarah membutuhkan foto ukuran paspor dan paspor dengan masa berlaku enam bulan. Peziarah juga harus menambahkan metode pembayaran dengan memilih untuk membayar visa umrah, tiket pesawat dan hotel dengan kartu kredit atau debit, dan mengajukan aplikasi. 

Setelah menyelesaikan permohonan, jamaah bisa masuk ke website Kementerian Luar Negeri untuk melengkapi data dan mendapatkan visa umrah.

Kementerian Haji dan Umrah telah menyediakan prosedur elektronik yang mudah untuk memastikan pelestarian hak-hak mereka dan penyediaan layanan berkualitas tinggi, sebagai bagian dari upaya memfasilitasi prosedur kedatangan jamaah dari luar Kerajaan.

Layanan platform Maqam ini termasuk mengetahui agen lokal di negara peziarah untuk mengeluarkan visa umrah, yang memiliki validitas 90 hari sejak dikeluarkan dan memungkinkan peziarah untuk berpindah antar kota Saudi guna mempelajari keragaman budaya Kerajaan.

Layanan ikon agen di portal juga mencakup kemampuan untuk memilih jalur perjalanan antara Makkah, Jeddah dan Madinah, memesan tiket pesawat, memesan layanan transportasi internal di Kerajaan, dengan kemungkinan memesan akomodasi tempat tinggal dan mengirim visa  permohonan ke Kementerian Luar Negeri.

Setelah menyelesaikan reservasi layanan melalui agen resmi, peziarah menerima nomor referensi untuk menyelesaikan proses pembayaran daring dan melalui kartu kredit (VISA), untuk mengeluarkan visa melalui platform visa nasional terpadu dalam waktu 24 jam.  

Sumber:

https://saudigazette.com.sa/article/625240/SAUDI-ARABIA/Saudi-Arabia-simplifies-online-Umrah-visa-procedures-for-foreign-pilgrims

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement