Rabu 28 Sep 2022 20:30 WIB

Kenangan UAS Mengikuti Kajian Syekh Yusuf Al Qaradhawi

UAS pernah mengikuti kajian Syekh Yusuf Al Qaradhawi.

Rep: Alkhadeli Kurnialam/ Red: Muhammad Hafil
 Kenangan UAS Mengikuti Kajian Syekh Yusuf Al Qaradhawi. Foto: Syekh Yusuf al-Qaradawi berbicara dalam konferensi pertama Dialog Nasional di Tripoli 10 Desember 2011.
Foto: REUTERS/Ismail Zitouny
Kenangan UAS Mengikuti Kajian Syekh Yusuf Al Qaradhawi. Foto: Syekh Yusuf al-Qaradawi berbicara dalam konferensi pertama Dialog Nasional di Tripoli 10 Desember 2011.

IHRAM.CO.ID, PEKANBARU–Ulama asal Riau, Ustadz Abdul Somad (UAS), melalui akun instagram pribadinya, membagikan cerita kenangan saat mengikuti kajian ulama terkemuka Syekh Yusuf Al Qardhawi pada 1999 silam. Ulama asal Mesir Qardhawi dikabarkan wafat pada Senin (26/9/2022).

"Musim panas tahun 1999, kami dapat kabar malam ini beliau ada kajian di masjid Yasmin di Agouza. Masjid Yasmin puteri Syaikh Khalil al-Hushari. Sebagian kawan ragu-ragu. Karena beliau memang tidak dibenarkan masuk Mesir. Beliau di Qatar. Tapi ada yang bilang, beliau boleh masuk Mesir. Karena anak-anak beliau di Cairo,"katanya dalam keterangan di instagram, Senin (26/9/2022).

Baca Juga

"Bismillah, aku dan beberapa sahabat nekat berangkat. Yang ku ingat waktu itu kami pergi bersama Ustadz Muhammad Abdih (sekarang pimpinan pon-pes Islami Centre al-Hidayah Kampar), ust Syahrul Aidi (sekarang anggota DPR-RI), ust Hanafi Yunus (sekarang di Tanjung Pinang) dan beberapa sahabat. Allahu Akbar, ternyata beliau ada, ta'zhim, kaget, haru menjadi satu,"tambahnya.

Dalam kajian itu, kata UAS, Syekh Qardhawi menjelaskan tentang keluarga dan pendidikan Islam. Ulama Mesir itu juga mengisahkan bahwa saat menikahkan putrinya, ia menekankan pentingnya pemahaman agama dan ketaatan calon, bukan mahar yang besar.

 

UAS juga mengisahkan bahwa banyak jamaah yang mengikuti kajian merespons sangat baik ceramah ulama yang banyak dituduh dengan tuduhan terorisme tersebut. Dia juga menyebut Syekh Qardhawi sebagai sosok yang ramah dan bersahaja.

"Petang tadi, beberapa sahabat mengirim berita, beliau sudah menghadap Allah. Misi beliau sudah selesai. Syaikh DR Yusuf Al Qaradhawi. Alfatihah. Allahummaghfir lahu warhamhu wa'afihi wa'fu'anhu," tulisnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement