Ahad 02 Oct 2022 08:30 WIB

Menhub Pastikan ada Empat Penerbangan Umroh dari Kertajati

Penerbangan umroh dari Kertajati dipastikan Menhub.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Muhammad Hafil
Menhub Pastikan ada Empat Penerbangan Umroh dari Kertajati. Foto:  Petugas saat membersihkan area Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (26/1/2022). Bandara Halim Perdanakusuma ditutup sementara mulai hari ini selama 3,5 bulan dalam rangka revitalisasi. Selama masa revitalisasi operasional penerbangan dialihkan ke lima bandara yaitu Soekarno Hatta, Husein Sastranegara, Kertajati, Pondok Cabe dan Budiarto Republika/Putra M. Akbar
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Menhub Pastikan ada Empat Penerbangan Umroh dari Kertajati. Foto: Petugas saat membersihkan area Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (26/1/2022). Bandara Halim Perdanakusuma ditutup sementara mulai hari ini selama 3,5 bulan dalam rangka revitalisasi. Selama masa revitalisasi operasional penerbangan dialihkan ke lima bandara yaitu Soekarno Hatta, Husein Sastranegara, Kertajati, Pondok Cabe dan Budiarto Republika/Putra M. Akbar

IHRAM.CO.ID,JAKARTA — Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan ada empat penerbagan umroh dari Bandara Kertajati, Jawa Barat. Hal tersebut menyusul kesepakatan dengan Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Syekh Essam bin Abed Al-Thaqafi. 

 Budi menargetkan pada November 2022, Bandara Kertajati sudah mulai melayani penerbangan umroh. “Ini tentu menjadi kabar yang menggembirakan bagi kita semua, khususnya masyarakat di Jawa Barat dan sekitarnya yang segera bisa berangkat umroh dari Bandara Kertajati,” kata Budi dalam pernyataan tertulisnya, Sabtu (1/10/2022). 

Baca Juga

Dia menjelaskan, kesepakatan tersebut menjadi bukti komitmen Kemenhub bersama para pemangku kepentingan di sektor penerbangan untuk menggeliatkan kembali penerbangan dari dan ke Bandara Kertajati usai terdampak pandemi Covid-19 lebih dari dua tahun. Setelah penerbangan umrah, diharapkan bisa dilanjutkan dengan pembukaan penerbangan haji dari Bandara Kertajati.

 Dubes Arab Saudi untuk Indonesia Syekh Essam bin Abed Al-Thaqafi menyambut baik dibukannya empat penerbangan dari Kertajati menuju ke Jeddah. Syekh Essam mengatakan, upaya tersebut akan semakin meningkatkan kerja sama dan hubungan bilateral kedua negara yang selama ini telah terjalin dengan baik, khususnya di sektor transportasi. 

 

“Kami akan memfasilitasi penerbangan umrah dan Insya Allah selanjutnya untuk penerbangan haji,” tutur Syekh Essam. 

 Sebelumnya, Ditjen Perhubungan Udara Kemenhub telah mengirimkan surat kepada General Authority of Civil Aviation (GACA) Arab Saudi pada 7 September 2022. Surat tersebut mengenai permohonan dukungan GACA untuk memberikan slot penerbangan umroh kepada maskapai Garuda Indonesia dan Lion Air pada November 2022 mendatang.

Sejumlah upaya lainnya juga telah dilakukan, diantaranya yakni Kemenhub telah berkoordinasi dengan PT Angkasa Pura II (Persero) dan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati untuk persiapan fasilitas sarana dan prasarana. Persiapan juga termasuk personel yang bertugas di bandara. 

Selain itu, Kemenhub juga telah berkoordinasi dengan pemerintah daerah dalam penyiapan fasilitas penunjang seperti penginapan atau hotel di dekat bandara, rumah dalu atau klinik terdekat. Selain itu juga UMKM yang menyediakan pusat jajanan atau oleh-oleh bagi keluarga yang mengantarkan calon jamaah umrah.

 Pembukaan penerbangan umrah dan haji dari Bandara Kertajati disebut potensial. Berdasarkan data Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Kementerian Agama, terdapat 8.657 jemaah umrah yang berasal dari kawasan sekitar Kertajati seperti dari Bandung Raya, Ciayumajakuning, Jawa Barat, dan Jawa Tengah yang belum berangkat ke Tanah Suci. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement