Selasa 04 Oct 2022 01:53 WIB

Visa Umroh Diperpanjang Tiga Bulan untuk Semua Jamaah

Perpanjangan visa umroh bagian dari upaya melayani jamaah.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Umat Muslim melakukan Tawaf Perpisahan di sekitar Kabah di Masjidil Haram di Mekkah, Arab Saudi, 11 Juli 2022. Visa Umroh Diperpanjang Tiga Bulan untuk Semua Jamaah
Foto: EPA-EFE/ASHRAF AMRA
Umat Muslim melakukan Tawaf Perpisahan di sekitar Kabah di Masjidil Haram di Mekkah, Arab Saudi, 11 Juli 2022. Visa Umroh Diperpanjang Tiga Bulan untuk Semua Jamaah

IHRAM.CO.ID, RIYADH -- Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Tawfiq Al-Rabiah mengatakan visa umroh telah diperpanjang dari satu menjadi tiga bulan untuk semua jamaah umroh dari semua negara. Pengumuman ini dibuatnya selama kunjungan resmi dua hari ke Tashkent di mana Presiden Uzbekistan Shavkat Mirziyoyev menerima menteri Saudi pada akhir kunjungan Al-Rabiah. 

Menteri menyampaikan salam Penjaga Dua Masjid Suci Raja Salman dan Putra Mahkota dan Perdana Menteri Mohammed Bin Salman kepada Presiden Mirziyoyev dan pemerintah dan rakyat Uzbekistan dan keinginan mereka untuk pertumbuhan lebih lanjut untuk Uzbekistan.

Baca Juga

Menteri mengharapkan kemakmuran bagi Uzbekistan sehubungan dengan reformasi yang sedang berlangsung di negara itu. Al-Rabiah juga menekankan kunjungan tersebut merupakan perpanjangan dari hubungan sejarah yang menonjol antara kedua negara dan menghasilkan beberapa perjanjian kerja sama di berbagai bidang. 

Kesepakatan itu terutama dalam haji dan umroh yang mencerminkan upaya besar kepemimpinan dalam melayani Islam dan Muslim dan memfasilitasi prosedur untuk jamaah haji dan umroh. Ia menambahkan musim haji baru-baru ini melihat partisipasi sekitar 12 ribu jamaah Uzbekistan setelah pihak berwenang meningkatkan jumlah peziarah setelah meredanya pandemi Covid-19. 

Dia mencatat lebih dari 36 ribu orang dari Uzbekistan telah melakukan umroh selama dua bulan terakhir, yang sebagian besar berhasil mengunjungi Madinah dan berdoa di Al-Rawdah Al-Sharifah dan mengunjungi situs-situs keagamaan dan sejarah di Madinah.

Kunjungan Al-Rabiah menjadi saksi diadakannya beberapa pertemuan dengan berbagai pejabat untuk membahas cara meningkatkan kerja sama di berbagai bidang dan mengembangkan hubungan istimewa antara kedua negara. 

Diskusi terutama berkisar pada otomatisasi semua layanan dan program yang sekarang ditawarkan secara elektronik melalui platform Nusuk dan penerbitan visa kunjungan dan umrah dengan cepat. Dilansir dari Saudi Gazette pada Senin (3/10/2022), Al-Rabiah bertemu dengan beberapa pejabat Uzbekistan sebagai bagian dari peningkatan kerja sama antara kedua negara di berbagai bidang dan menekankan hubungan bilateral yang mengakar.

Pembicaraan dalam kunjungan tersebut juga membahas upaya meningkatkan kerja sama bilateral strategis antara kedua belah pihak untuk meningkatkan kualitas layanan yang diberikan kepada jamaah umroh Uzbekistan. Hal ini selain membahas kemungkinan peningkatan kegiatan komite bersama di beberapa aspek, termasuk peningkatan jumlah penerbangan kedua negara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement