Sabtu 08 Oct 2022 11:12 WIB

Cara Bertahan dan Pertolongan Pertama Setelah Digigit Ular, Jangan Asal Bertindak

Mengobati gigitan ular dengan benar bisa memberikan peluang hidup.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Nora Azizah
Mengobati gigitan ular dengan benar bisa memberikan peluang hidup.
Foto: Republika/Edi Yusuf
Mengobati gigitan ular dengan benar bisa memberikan peluang hidup.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Digigit ular mungkin tampak seperti sesuatu yang mengerikan. Namun, apa yang harus dilakukan jika hal ini terjadi?

Dilansir dari laman Health Digest, Sabtu (8/10/2022), Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) melaporkan bahwa diperkirakan 7.000 hingga 8.000 orang digigit ular berbisa di Amerika Serikat setiap tahun, tetapi hanya ada sekitar lima kematian. Peluang bertahan hidup menguntungkan Anda, tetapi mengobati gigitan ular dengan sukses membutuhkan pengetahuan tentang apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan pada pertolongan pertama

Baca Juga

Jika Anda atau seseorang di dekat Anda digigit ular, ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan sebagai pertolongan pertama. Sebagai permulaan, jangan pernah mencoba untuk menyedot racun dari luka gigitan ular, karena racunnya akan masuk ke tubuh orang yang menyedot racun tersebut melalui mulut. 

CDC juga mengingatkan untuk tidak membuka luka dan memeras racunnya, karena ini dapat menyebabkan infeksi dan cedera yang lebih dalam. Jangan pula mengoleskan es pada gigitan atau mengikat torniket di sekitar area yang terkena. Yang terpenting, jangan pernah mencoba mengangkat atau memegang ular itu dengan cara apa pun karena hal itu dapat berisiko menggigit orang lain.

 

Bagaimana menangani gigitan ular?

Setelah terjadi gigitan ular, hal pertama yang harus dilakukan adalah menghubungi nomor layanan darurat di daerah setempat. Sambil menunggu petugas medis darurat, menjauhlah sejauh mungkin dari ular untuk mengurangi risiko gigitan tambahan. Setelah berada di luar jangkauan serangan ular, cari posisi yang menahan area yang digigit di bawah jantung dan dada.

Anda bahkan dapat mengurangi penyebaran racun dengan tetap setenang dan setenang mungkin. Jika orang lain bersama Anda, mintalah mereka melepas pakaian apa pun, terutama pakaian ketat, dan perhiasan untuk meminimalkan pembengkakan. 

Luka gigitan dapat dibersihkan dengan sabun dan air dan dibalut secara longgar dengan pembalut kering. Berhati-hatilah untuk hanya meletakkan barang-barang bersih di dekat gigitan agar bakteri dan benda asing lainnya tidak masuk ke tubuh dan menyebabkan infeksi.

Untuk mencegah gigitan ular, ada beberapa hal yang perlu diingat. UC Davis Health menyarankan jika Anda berencana untuk pergi hiking atau berkemah, lakukan penelitian untuk mengetahui ular yang asli daerah tersebut dan kenakan pakaian yang sesuai untuk menambahkan lapisan perlindungan. Secara keseluruhan, tetap waspada saat melakukan aktivitas di luar ruangan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement