Sabtu 08 Oct 2022 21:06 WIB

Freeport Daftarkan 30 Ribu Jiwa Warga 7 Suku di Mimika ke BPJS Kesehatan

Jumlah masyarakat di Kabupaten Mimika yang terlindungi Program JKN semakin bertambah

PT Freeport Indonesia melanjutkan kerja sama dengan BPJS Kesehatan Cabang Jayapura untuk memberikan perlindungan jaminan kesehatan kepada masyarakat tujuh Suku Kabupaten Mimika melalui Program Donasi Pendanaan.
Foto: BPJS Kesehatan
PT Freeport Indonesia melanjutkan kerja sama dengan BPJS Kesehatan Cabang Jayapura untuk memberikan perlindungan jaminan kesehatan kepada masyarakat tujuh Suku Kabupaten Mimika melalui Program Donasi Pendanaan.

REPUBLIKA.CO.ID, MIMIKA - PT Freeport Indonesia bersama Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Amungme dan Kamoro (YPMAK) melalui Yayasan Caritas Timika Papua (YCTP) kembali melanjutkan kerja sama dengan BPJS Kesehatan Cabang Jayapura untuk memberikan perlindungan jaminan kesehatan kepada masyarakat tujuh Suku Kabupaten Mimika melalui Program Donasi Pendanaan.

Kerja sama tersebut dibuktikan melalui penandatanganan kerja sama yang dilakukan oleh Kepala BPJS Kesehatan Cabang Jayapura Djamal Adriansyah dengan Ketua YCTP Antonius Tapipea. Penandatanganan tersebut juga disaksikan langsung oleh Direktur Perluasan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan David Bangun, Deputi Direksi Wilayah Papua dan Papua Barat Budi Setiawan, Deputi Direksi Bidang Perluasan Peserta Kisworowati, Plt. Bupati Mimika, Johannes Rettob, Vice President Community Development PT Freeport Indonesia Nathan Kum, dan Perwakilan ketua badan pengurus YPMAK Nur Infa Karupukaro, Jumat (7/10/2022).

Baca Juga

Plt Bupati Mimika Johannes Rettob mengapresiasi sinergi yang dilakukan dalam mendukung penyelenggaraan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Dengan dilanjutkannya kerja sama tersebut, jumlah masyarakat di Kabupaten Mimika yang terlindungi Program JKN semakin bertambah, yang semula hanya 10 ribu jiwa kini menjadi 30 ribu jiwa.

Johannes menambahkan kerja sama tersebut juga merupakan sesuatu yang spesial, khususnya menjelang perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke- 26 Kabupaten Mimika. Dirinya berharap kolaborasi dan kerja sama PT Freeport Indonesia melalui YPMAK dan YCTP dengan BPJS Kesehatan membantu langkah pemerintah daerah dalam memberikan perlindungan kesehatan kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Mimika.

“Kita terus berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, tentunya pemerintah daerah tidak bisa bekerja sendiri. Perlu dukungan dan kerja sama semua stakeholder yang ada di Mimika untuk memberikan pelayanan publik yang terbaik dalam pelayanan kesehatan dan pendataan enduduk yang belum terdaftar pada Program JKN. Sehingga diharapkan cakupan kepesertaan Program JKN di Kabupaten Mimika dapat mencapai 100% dari total penduduk," tutur Johannes.

Direktur Perluasan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan David Bangun sangat mengapresiasi upaya Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika, PT Freeport Indonesia, dan YPMAK atas dukungan yang diberikan terhadap Program JKN. Menurutnya, ini merupakan jumlah donasi pendanaan yang dilakukan oleh badan usaha dengan jumlah peserta terbesar di seluruh Indonesia.

"Dukungan dari pemerintah daerah serta PT Freeport Indonesia dalam Program Donasi Pendanaan pendaftaran masyarakat tujuh suku Kabupaten Mimika ini dapat menjadi contoh bagi badan usaha lainnya dalam berkontribusi terhadap pendaftaran peserta dan membayarkan iuran kepesertaan JKN sebagai wujud nyata prinsip gotong royong seluruh elemen bangsa demi terselenggaranya jaminan kesehatan yang berkualitas di Indonesia," tutup David.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement