Selasa 11 Oct 2022 11:21 WIB

Pimpin Misi Dagang ke Qatar, Mendag Zulkifli Hasan Bukukan Potensi Transaksi Rp 23,2 M

Potensi transaksi Rp 23,2 M dicatatkan saat sesi penjajakan kesepakatan dagang

lndonesia berhasil membukukan potensi transaksi sebesar Rp 23,2 miliar pada Misi Dagang ke Qatar yang dipimpin Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan.
Foto: Kemendag
lndonesia berhasil membukukan potensi transaksi sebesar Rp 23,2 miliar pada Misi Dagang ke Qatar yang dipimpin Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan.

REPUBLIKA.CO.ID, DOHA – lndonesia berhasil membukukan potensi transaksi Rp 23,2 miliar pada Misi Dagang ke Qatar yang dipimpin Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan. Potensi transaksi tersebut berhasil dicatatkan saat sesi penjajakan kesepakatan dagang (business matching) yang dihelat Senin (10/10/2022) di Doha, Qatar.

Transaksi berasal dari produk kecantikan dan hospitality, rempah dan bumbu, kudapan dan makanan olahan, ikan beku, garmen, serta kerajinan. “Alhamdullilah misi dagang ke Qatar berhasil mencatatkan transaksi potensial sebesar Rp23,2 miliar yang diperoleh dari business matching,” ungkap Mendag Zulkifli Hasan.

Baca Juga

Lebih lanjut, Mendag menyampaikan, nilai potensi yang telah tercatat tersebut masih berpotensi terus bertambah sejalan dengan berbagai tindak lanjut para pelaku usaha pascamisi dagang. “Nilai ini berpotensi terus bertambah, mengingat para pelaku usaha masih menindaklanjuti permintaan dari calon mitra yang telah dipertemukan dalam penjajakan kesepakatan dagang ini,” tambahnya.

Penjajakan kesepakatan dagang ini dihadiri 11 pelaku usaha Indonesia dan 42 pelaku usaha Qatar. Produk andalan Indonesia yang dibawa antara lain kelapa sawit dan turunannya, produk kertas, otomotif, baterai, makanan dan minuman, dekorasi rumah, produk kerajinan, garmen, dan produk kecantikan.

 

Gelar forum bisnis

Pada hari yang sama, Mendag Zulkifli Hasan juga membuka Forum Bisnis Indonesia–Qatar. Pada acara ini dia menegaskan perdagangan antara Indonesia dan Qatar harus ditingkatkan melalui sinergi dan kolaborasi para pelaku usaha kedua negara. Turut hadir pada acara ini Duta Besar Indonesia untuk Doha Ridwan Hassan.

Pada forum ini, Mendag Zulkifli Hasan didampingi Sekretaris Jenderal Kementerian Perdagangan Suhanto dan Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag Didi Sumedi.

“Indonesia dan Qatar mempunyai hubungan diplomatik yang terjalin sejak 1976 hingga sekarang. Di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo dan Yang Mulia Amir Sheikh Tamim bin Hamad alThani, kedua negara sepakat untuk meningkatkan kerja sama di bidang perdagangan, investasi dan pariwisata. Diharapkan melalui kerja sama ini, kolaborasi dan sinergi kedua negara dapat semakin kuat,” ujar Mendag Zulkifli Hasan.

Menurutnya 2022 menjadi tahun menarik bagi kedua negara. Qatar menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA 2022 sementara Indonesia memegang Presidensi G20 untuk pertama kalinya. Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 ke-17 tersebut akan berlangsung di Bali pada 15—16 November 2022 dengan tema Recover Together, Recover Stronger.

“Kesempatan ini harus dimanfaatkan para pelaku usaha kedua negara untuk saling bersinergi dan berkolaborasi dalam meningkatkan perdagangan. Peningkatan hubungan ekonomi antarkedua negara perlu didukung oleh peningkatan aktivitas perdagangan Indonesia dengan Qatar dan negara-negara sekitar, seperti anggota Gulf Countries Cooperation (GCC),” jelas Mendag Zulkifli Hasan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement