Selasa 11 Oct 2022 12:51 WIB

Doa Sayyidul Istighfar Agar Terhindar Dari Perbuatan Dosa

Lafaz istighfar yakni Astaghfirullahal'adzim adalah kalimat yang sangat mulia.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Agung Sasongko
Berdoa (Ilustrasi)
Foto: Republika/Thoudy Badai
Berdoa (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,Hamba yang senantiasa memohon ampun atas dosa-dosa yang pernah dilakukannya sangat disenangi Allah SWT. Yakni dengan memperbanyak membaca istighfar atas dosa-dosa yang pernah diperbuat.

Lafaz istighfar yakni Astaghfirullahal'adzim adalah kalimat yang sangat mulia. Dengan kalimat tersebut, seseorang bisa diampuni Allah SWT atas dosa-dosa yang dilakukannya. Ada juga yang disebut Sayidul Istighfar yang dapat dibaca agar Allah SWT mengampuni semua dosa-dosa kita dan melindungi diri kita dari perbuatan dosa. Berikut redaksinya:

Baca Juga

 

اللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّي لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ خَلَقْتَنِي وَأَنَا عَبْدُكَ وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ أَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ وَأَبُوءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ وَأَعْتَرِفُ بِذُنُوبِي فَاغْفِرْ لِي ذُنُوبِي إِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلَّا أَنْتَ

 

Allahumma Anta Rabbi Laa Ilaha Illa Anta Kholaqtaniy wa anaa 'abdika wa anaa 'alaa 'ahdika wa wa'dika maas tatho'tu a'udzubika min syarrk maa shona'thu wa abu'u laka bini'matika 'alayya wa a'tarifu bidzunubiy fagfirliy dzunubiy inahu laa yanghfirud dInuba illa anta

Ya Allah, Engkau adalah Tuhanku, tidak ada Tuhan yang berhak disembah kecuali Engaku. Engkau telah menciptakanku, dan aku adalah hamba-Mu, dan berada dalam perjanjian dan janji-Mu semampuku. Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan apa yang telah aku perbuat, dan aku mengakui kenikmatan-Mu yang Engkau berikan kepadaku dan mengakui dosa-dosaku, maka ampunilah dosaku, sesungguhnya tidak ada yang dapat mengampuni dosa kecuali Engkau. 

Doa ini juga bisa ditemukan pada kitab hadits Sunan Tirmidzi. Dalam hadits tersebut Rasulullah menjelaskan bahwa seseorang yang mengucapkan doa tersebut pada sore hari kemudian orang tersebut meninggal sebelum pagi hari maka wajib bagi orang tersebut surga. Begitupun sebaliknya, seorang yang mengucapkannya pagi hari lalu meninggal sebelum sore maka wajib baginya surga. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement