Kamis 13 Oct 2022 10:55 WIB

Paman Birin: Warga Kalsel Merasa Terhormat Jadi Tuan Rumah MTQN

Paman Birin menyampaikan rasa bangga dan terhormat bagi masyarakat Kalsel

Pelaksanaan MTQ ini menjadi warga Kalsel bangga dan terhormat. Hal itu disampaikan Gubernur Kalsel Sahbirin Noor dalam sambutannya dihadapan Wapres KH Ma’ruf Amin, kafilah dan tamu undangan dalam pembukaan MTQ.
Foto: Pemprov Kalsel
Pelaksanaan MTQ ini menjadi warga Kalsel bangga dan terhormat. Hal itu disampaikan Gubernur Kalsel Sahbirin Noor dalam sambutannya dihadapan Wapres KH Ma’ruf Amin, kafilah dan tamu undangan dalam pembukaan MTQ.

REPUBLIKA.CO.ID, BANJARBARU -- Gelaran lomba Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XXIX Tahun 2022 yang resmi dibuka Wakil Presiden RI, KH Ma’ruf Amin pada Rabu (12/10/2022) malam. Event ini menjadi catatan sejarah bagi Kalimantan Selatan.

Tak hanya tercatat sejarah sebagai provinsi yang menyelenggarakan MTQ sudah dua kali pada tahun 1970 dan 2022 sekarang, pelaksanaan MTQ ini menjadi warga Kalsel bangga dan terhormat. Hal itu disampaikan Gubernur Kalsel Sahbirin Noor dalam sambutannya dihadapan Wapres KH Ma’ruf Amin, kafilah dan tamu undangan dalam pembukaan MTQ.

Baca Juga

“Atas nama masyarakat Kalimantan Selatan menyampaikan terima kasih dan selamat datang di Bumi Kalsel Babussalam, kepada Wapres dan rombongan, Menteri Agama, dan seluruh undangan yang hadir,” kata Paman Birin, sapaan Gubernur Kalsel ini, dalam siaran persnya.

Pada kesempatan itu pula, Paman Birin menyampaikan rasa bangga dan terhormat bagi masyarakat Kalsel yang mendapat kepercayaan kembali menjadi tuan rumah penyelenggaraan MTQN dan menjadi catatan bersejarah bagi daerah ini setelah 52 tahun Kalsel menjadi penyelanggaraan MTQ pada 1970 silam.

“Bagi masyarakat dan Pemerintah Provinsi Kalsel, kepercayaan sebagai tuan rumah ini mengandung tanggung jawab besar dalam mensukseskannya, baik sukses dari sisi penyelenggaraan maupun sukses prestasi bagi Kalsel,” terang Paman Birin.

photo
Pelaksanaan MTQ ini menjadi warga Kalsel bangga dan terhormat. Hal itu disampaikan Gubernur Kalsel Sahbirin Noor dalam sambutannya dihadapan Wapres KH Ma’ruf Amin, kafilah dan tamu undangan dalam pembukaan MTQ. - (Pemprov Kalsel)

Lebih dari itu lanjut dikatakan, tentu substansi dan makna dari MTQN di Kalsel ini, kiranya menggerakkan seluruh umat Islam untuk lebih mencintai Alquran, menjadikan Alquran sebagai bacaan utama, serta menempatkan kitab suci ini sebagai rujukan dan solusi dalam memecahkan berbagai persoalan kehidupan.

“Sukses penyelenggaraan MTQN ini bukan hanya untuk Kalsel, tetapi juga sukses bagi Indonesia. Karena kita berhasil dalam menjaga tradisi peradaban Islam, dengan bermusabaqoh tilawatil quran,” sebut Paman Birin sembari mengajak semua berdoa agar kegiatan ini berlangsung dengan sukses dan lancar hingga akhir, serta membawa keberkahan bagi kehidupan bersama di negeri Indonesia tercinta ini.

Ajang lomba syiar Islam MTQ ini diikuti 1.676 peserta dari 34 provinsi dan mempertandingkan 8 cabang lomba yang terbagi dalam 23 golongan. Kedelapan cabang lomba itu adalah cabang Seni Baca Alquran, Hafalan Alquran, Tafsir Alquran, Syarhil Quran, Kaligrafi, Qiraat Alquran, Fahmil Quran dan terakhir cabang Karya Tulis Alquran (KTIQ).

Pelaksanaan MTQ Nasional di Kalsel ini memiliki 12 venue, 6 venue di Kabupaten Banjar, 4 venue di Kota Banjarbaru dan 2 venue di Kota Banjarmasin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement