Mahasiswa SKI UIN Ar-Raniry Lakukan Ekskavasi di Kerajaan Trumon

Pendidikan dan Literasi  
Mahasiswa Prodi Sejarah dan Kebudayaan Islam (SKI) UIN Ar-Raniry melakukan Ekskavasi di Kerajaan Trumon, Aceh Selatan, 14-16 Oktober 2022. (Foto: Dok UIN Ar-Raniry)
Mahasiswa Prodi Sejarah dan Kebudayaan Islam (SKI) UIN Ar-Raniry melakukan Ekskavasi di Kerajaan Trumon, Aceh Selatan, 14-16 Oktober 2022. (Foto: Dok UIN Ar-Raniry)

DESTINASI -- Tim dari Prodi Sejarah dan Kebudayaan Islam (SKI) Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry Banda Aceh bersama Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Aceh melakukan ekskavasi situs Benteng Kuta Batee Kerajaan Trumon yang terletak di Desa Keude Trumon, Kecamatan Trumon, Aceh Selatan.

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari Praktikum Arkeologi yang dilakukan oleh mahasiswa Prodi Sejarah dan Kebudayaan Islam (SKI) yang berlangsung selama tiga hari, mulai tanggal 14-16 Oktober 2022.

Koordinator praktikum mahasiswa Prodi SKI, Drs Nasruddin AS MHum menjelaskan bahwa praktikum arkeologi kali ini dipusatkan di Benteng Kuta Batee Bekas Kerajaan Trumon dengan mengambil metode ekskavasi atau penggalian.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Dalam kegiatan penggalian, kata Nasruddin, pihaknya membuka tujuh kotak dan setiap kotak terdiri dari 10-11 mahasiswa yang turut didampingi oleh dosen pengampu mata kuliah arkeologi dan juga tim arkeologi dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Aceh.

Lebih lanjut, Nasruddin menjelaskan bahwa sepanjang ekskavasi, tim menemukan sejumlah keramik dengan berbagai jenis, kaca, besi, batu bata, koin dan lain-lain. Selanjutnya, beberapa temuan tersebut akan dibawa ke Banda Aceh untuk selanjutnya diidentifikasi.

"Setelah selesai melakukan ekskavasi, kita juga berkunjung ke makam Raja-Raja Trumon dan Masjid Trumon sebagai bagian dari kegiatan praktikum arkeologi yang merupakan bagian dari tugas mata kuliah arkeologi. Aspek yang ditelaah dari segi arkeologi, sejarah dan antropologi,"kata Nasruddin AS yang juga sebagai dosen pengampu mata kuliah arkeologi dip Prodi SKI, dalam keterangan tertulis, Ahad (16/10/2022).

Kegiatan praktikum arkeologi ini di ikuti oleh 73 mahasiswa dan turut didampingi oleh sejumlah dosen dari Prodi SKI masing-masing, Nasruddin AS, Anwar Daud, Ruhamah, perwakilan BPCB Aceh Ambo Asse Ajiz dan Robby Maulijar dan tendik FAH UIN Ar-Raniry Banda Aceh Kiki Suhendra dan Sulastri.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Irwan Kelana adalah cerpenis, novelis, wartawan dan penikmat travelling.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image