Senin 17 Oct 2022 07:23 WIB

Banjir Bandang Terjang Sejumlah Wilayah di Kabupaten Jembrana Bali

Ratusan warga juga mengungsi untuk menghindari air bah.

Warga melihat kondisi jembatan yang terputus akibat diterjang banjir bandang. (Ilustrasi)
Foto: ANTARA/Muhammad Bagus Khoirunas
Warga melihat kondisi jembatan yang terputus akibat diterjang banjir bandang. (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JEMBRANA--Banjir bandang dari luapan aliran sungai melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Jembrana, Bali. Banjir bandang ini menyebabkan kerusakan beberapa infrastruktur seperti jembatan.

"Tim kami sudah turun ke lokasi-lokasi yang dilanda bencana, dan kami terus melakukan pemantauan. Bencana ini karena luapan air dari sungai," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jembrana I Putu Agus Artana Putra, di Negara, Kabupaten Jembrana, Senin (17/10/2022).

Baca Juga

Ia mengatakan, hujan lebat di hulu sungai Ahad (16/10/2022) menyebabkan sungai-sungai di Jembrana meluap hingga ke daratan sisi sungai. "Kami masih terus melakukan pendataan kerusakan, baik fasilitas umum maupun rumah warga akibat banjir ini. Koordinasi dengan institusi-institusi terkait juga dilakukan untuk mempercepat bantuan bagi warga yang menjadi korban," katanya.

Informasi yang dihimpun mencatat, sejumlah jembatan putus akibat banjir bandang. Selain itu, ratusan rumah warga terendam air cukup tinggi.

 

Banjir yang melampaui jembatan di Dusun Biluk Poh, Kecamatan Mendoyo itu menyebabkan arus kendaraan arah Denpasar-Gilimanuk dan sebaliknya, dilarang untuk sementara melewati jembatan karena berbahaya.

Ratusan warga juga mengungsi untuk menghindari air bah. Termasuk beberapa diantaranya dengan membawa hewan ternak seperti sapi yang biasanya ditambatkan di dekat sungai.

"Kami imbau warga untuk mencari tempat yang aman. Cuaca masih tidak menentu saat ini," kata Agus.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement