Selasa 18 Oct 2022 22:14 WIB

Pemkot Medan Gelar Pelatihan Pengelolaan Sampah Rumah Tangga

Pelatihan ini diharapkan bisa mengurangi produksi sampah ke tempat pembuangan akhir.

Sampah rumah tangga memenuhi trotoar (ilustrasi)
Foto: Wihdan Hidayat / Republika
Sampah rumah tangga memenuhi trotoar (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Pemerintah Kota Medan, Sumatra Utara, menggelar pelatihan pengelolaan sampah rumah tangga. Pelatihan ini diharapkan bisa mengurangi produksi sampah ke tempat pembuangan akhir (TPA) Terjun.

"Pelatihan ini berlangsung dua hari, yakni 18 hingga 19 Oktober 2022," ucap Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan, Syarifuddin Irsan Dongoran di Medan, Selasa (18/10/2022).

Baca Juga

Ia mengatakan dewasa ini produksi sampah, baik organik maupun anorganik di ibu kota Provinsi Sumatra Utara rata-rata mencapai 2.000 ton per hari. Sampah itu seluruhnya dibuang ke TPA Terjun. Sehingga apabila tidak ada penanganan serius, dikhawatirkan TPA yang berada di Medan Marelan tidak mampu menampung sampah yang ada.

"Saat ini ada sekitar empat hektare lahan yang sedang kami perbaiki di TPA Terjun. Namun apabila produksi sampah dibiarkan seperti ini, kami khawatir TPA tidak sanggup menampung," jelasnya.

Pihaknya mengharapkan warga setempat dapat memanfaatkan sampah rumah tangga dapat di manfaatkan. Sehingga memberikan nilai ekonomis dan mengurangi produksi sampah.

Diketahui, pelatihan pengelolaan sampah rumah tangga ini diikuti sebanyak 120 orang peserta dari 21 kecamatan di Kota Medan. Pelatihan ini menghadirkan pemateri penggiat lingkungan hidup.

"Kita berharap dengan pelatihan pengelolaan sampah ini para ibu-ibu dan bapak-bapak bisa memanfaatkan sampah untuk memberikan penghasilan tambahan," ungkap Syarifuddin.

 

 

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement