Rabu 19 Oct 2022 12:59 WIB

Mencapai Tahap Akhir, Masjid Raya Sheikh Zayed Mampu Tampung 10 Ribu Jamaah

Masjid tersebut menawarkan beberapa fasilitas.

Rep: C02/ Red: Muhammad Fakhruddin
Mencapai Tahap Akhir, Masjid Raya Sheikh Zayed Mampu Tampung 10 Ribu Jamaah (ilustrasi)
Foto: ihram.co.id
Mencapai Tahap Akhir, Masjid Raya Sheikh Zayed Mampu Tampung 10 Ribu Jamaah (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,SOLO -– Mendekati tahap finishing, pihak kontraktor memperkirakan Masjid Raya Sheikh Zayed bisa mengakomodir 10 jamaah.

Masjid di Jl. A. Yani No.128, Gilingan, Kec. Banjarsari, Kota Solo tersebut dikabarkan telah mencapai angka 91,22 persen per Selasa (18/10/2022) kemarin. Sedangkan daya tampungnya diperkirakan mencapai 10 ribu.

Baca Juga

"Secara total 10 ribu tapi area intinya saja 4 ribu yang di dalam gedung sendiri, tapi jika dimaksimalkan secara eksternal dan semua area dimanfaatkan itu memang sampai segitu," terang Projek Manager PT Waskita Karya Ardiansyah Pradana, Selasa (19/10/2022).

Sedangkan fasilitasnya, Ardiansyah menjelaskan bahwa masjid tersebut menawarkan beberapa fasilitas. Seperti perpustakaan dan ruang manajemen atau pengelola di lantai dua.

 

"Sisi depan terdiri dari satu setengah lantai untuk shalat utama sedikit untuk pemisahan antara pria dan wanita dibagi menjadi diatas 20 persen (wanita) sedangkan 80 persen (pria) dominan di bawah. Kebawah sedikit ada ruang wudhu dan toiletnya serta fasilitas pendukung seperti ground water tank ruang pompa juga ada di bawah," katanya.

Sedangkan kantong parkir masjid bisa menampung puluhan bus dan motor. Namun, konsep yang digunakan memang sarana publik jadi bukan untuk kendaraan milik pribadi.

"Kalau parkir memang untuk di belakang itu 28 bus terus juga untuk motor sekitar 50 motor. Untuk kendaraan pribadi memang di sini konsepnya memang konsepnya sarana publik jadi untuk kendaraan pribadi kurang diakomodir," katanya.

Selain itu, Ardyansyah mengaku optimis bisa menyelesaikan proyek tersebut sesuai target meski sudah memasuki musim penghujan. Ia mengatakan hal tersebut menjadi tantangan tersendiri. 

"Tadi saya sampaikan ke Wakil Walikota itu 91% (hasilnya) kami masih dengan target peresmian 17 November. Nanti kami masih optimis dan berupaya semaksimal mungkin agar ini terealisasi kira-kira demikian. Kalau kendala sejauh ini untuk pekerjaan tidak untuk belakangan ini memang masuk ke hujan itu yang jadi tantangan kami untuk saat ini," terangnya.

Sementara itu, dalam tinjauan pihak Pemerintah Kota (Pemkot) Solo memperkirakan dalam seminggu ke depan bagian intinya akan selesai. Selebihnya hanya finishing di beberapa bagian pendukung.   

"Seminggu kedepan insyaallah tinggal beberapa finishing pendukungnya kalau fisiknya seperti menara akan selesai," kata Wakil Walikota Solo, Teguh Prakosa. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement